Muslimahdaily Community Tebar Berkah Jumat Berupa Nasi

Muslimahdaily Care Muslimahdaily Care ( Foto: Dok. Istimewa )

Muslimahdaily – Muslimahdaily Community mengadakan galang dana yang bertajuk "Muslimah Daily Care: Tebar Pahala Berbagi Nasi". Hal ini dilakukan karena melihat kondisi ekonomi yang memburuk di tengah pandemi. 

“Iya kita lihat pandemi ini kan masih berdampak ya ke masyarakat yang membutuhkan jadi kita biasa bagiin (nasi) ke tukang ojek pengkolan kan ketahuan kalau pesanan lagi sepi jadi kita bantu sedikit dengan satu box nasi. Begitupula untuk penjaga kubur, pemulung," ujar Rossy Arsyad saat diwawancarai beberapa waktu lalu. 

Lewat Muslimah Daily Care, komunitas besutan Rossy Arsyad ini membuka donasi dana tiap satu minggu sekali. Donasi yang tekumpul akan digunakan untuk menebarkan pahala berupa nasi kotak. Nasi kotak ini dipilih dengan alasan untuk menolak pemikiran bahwa donasi hanya bisa dalam berbentuk uang saja, tapi juga hal lain. 

Nasi kotak juga dianggap mampu membantu banyak orang sekaligus, bukan hanya satu atau dua. Tidak seperti donasi dalam bentuk uang yang jika dilihat dari jumlahnya hanya akan mencukupi beberapa orang saja. Dengan itu, donasi yang terkumpul dari banyak orang juga akan berguna bagi banyak orang.

Selain itu juga, dengan berbagi nasi, seluruh kalangan masyarakat dapat memberikan minimal donasi senilai Rp15.000. Donasi dengan nilai tersebut dinilai terjangkau bagi semua orang, terutama anak-anak yang masih sekolah, belum bekerja atau sekadar mengandalkan uang dengan menabung.

Hal ini tentunya menjadi sarana mudah untuk peduli sesama dengan memberikan donasi atas harapan “Meskipun sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Dengan begitu, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, sang donatur maupun yang menerima.

Di samping itu, donasi dalam bentuk nasi yang dilakukan Muslimahdaily Community juga sudah membantu roda perekonomian masyarakat yang mengandalkan pencaharian melalui usaha rumah makan, hal ini tentu berguna bagi mereka yang dilanda pandemi. Sepinya pelanggan dan penghasilan yang menurun membuat komunitas ini memilih berbagi nasi sebagai bentuk donasi.

Kegiatan berbagi nasi ini dilakukan setiap hari Jumat, dan setiap minggunya, komunitas ini tidak hanya membahagiakan pemilik rumah makan yang dibantu, melainkan juga dapat mengenyangkan mereka, saudara-saudara di luar sana yang belum tentu dapat membeli makanan di hari itu. Namun, untuk saat ini, pembagian nasi hanya dilakukan di sekitar lokasi kantor Muslimahdaily yang terletak di daerah Kembangan, Jakarta Barat.

Target dari donasi berbagi nasi ini meliputi masyarakat-masyarakat di sekitar wilayah Kembangan yang membutuhkan. Beberapa di antaranya adalah tukang ojek pengkolan, penjaga kubur, dan pemulung. Jika dalam satu minggu donasi yang terkumpukan terbilang banyak, maka akan diberikan juga untuk Yayasan Peduli Anak Yatim Piatu.

"Kalau donasi yang terkumpul lumayan banyak setiap minggunya, kita kasih juga ke yayasan untuk anak yatim piatu,” tambah Rossy.

Sejak pertama kali dilakukan pada November lalu, setidaknya sudah ada sebanyak 394 nasi kotak atau setara dengan dana sebesar Rp5.900.000 yang berhasil disalurkan lewat donasi Muslimah Daily Care ini. Hal ini menunjukkan, bukan perihal angka yang sedikit melainkan seberapa banyak perubahan yang dibuat.

Besar harapan Rossy bagi Muslimahdaily Care ini untuk terus maju dan bermanfaat bagi orang banyak. Dengan begitu banyaknya partisipasi dan semangat tim Muslimah Daily juga para donatur di luar sana, kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas lagi hingga seluruh wilayah Jakarta, Jabodetabek, bahkan seluruh Indonesia.

Selain menjangkau wilayah yang lebih luas, komunitas ini berharap untuk dapat membantu mendorong kegiatan ekonomi masyarakat dengan memberikan modal usaha. Namun menurut Rossy untuk saat ini, lebih baik untuk komunitas ini fokus dalam menebarkan kebaikan dari berbagi nasi.

“Kita juga berharap bisa membantu mendorong kegiatan ekonomi masyarakat, dengan memberikan modal usaha. Misalnya, ada yang mau bangun usaha dan butuh gerobak atau segala macamnya, kita bisa bantu. Tapi kan lebih baik sekarang kita fokus ke rencana yang awal terlebih dahulu, dengan membagikan nasi kepada mereka yang membutuhkan dan memperluas jangkauan yang ada,” harap Rossy.

Nah untuk Sahabat Muslimah yang ingin berdonasi bisa langsung mengirimkannya ke rekening BCA 703062420 a.n Irna Gitasmara dengan menyertakan kode di 099 di belakang nominal donasi (contohnya : 15.099) dan konfirmasikan donasi kalian ke WhatsApp Muslimah Daily Center 0838-2329-9595. Donasi istimewa kalian akan sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Last modified on Rabu, 20 Januari 2021 12:54

Leave a Comment