Muslimah ‘Koboi’ Perangi Kekerasan Pada Wanita

Relawan Texas Muslim Women Foundation Relawan Texas Muslim Women Foundation ( Foto : tmwf.org )

Muslimahdaily - Para Muslimah di kawasan Texas Utara, Amerika Serikat, berkumpul pada sebuah wadah komunitas bernama Texas Muslim Women Foundation (TMWF). Mereka para Muslimah merupakan minoritas di kota koboi tersebut. Namun hal itu bukanlah kendala. Para Muslimah Koboi ini aktif memerangi segala tindak kekerasan terhadap wanita, baik itu wanita Muslimah maupun bukan.

“Kami adalah Wanita Muslimah untuk Seluruh wanita, Muslim Women for All Women,” demikian mereka mendefinisikan gerakan sosial yang mereka lakukan. Terbentuk sejak tahun 2005, TMWF fokus mengampanyekan anti tindakan kekerasan pada wanita. Maklum, kasus kekerasan pada wanita banyak terjadi di wilayah tempat mereka tinggal. Para Muslimah dengan suka hati menjadi sukarelawan dalam gerakan sosial yang berbentuk yayasan ini.

Mereka para Muslimah baik hati ini berkumpul di sebuah tempat yang mereka namakan “Home Services and Peaceful Oasis Shelter”. Di sinilah awal mereka belajar membina dan mendampingi korban kekerasan. Di tempat itu pula mereka melakukan aktivitas lain yang dibutuhkan Muslimah secara umum.

Sebagai aksi, mereka kemudian membuat pos pelayanan anti kekerasan serta jam pelayanan laporan tindak kekerasan. Para Muslimah ini pula memberi batuan keuangan bagi keluarga tak mampu secara finansial. Pelatihan untuk komunitas-komunitas muslim lain pun diadakan untuk kemudian diajak bersama-sama ‘meneriakkan’ pelarangan kekerasan terhadap wanita.

Termasuk para mahasiswi muslimah pula diajak aktif untuk mengikuti program sosial tersebut. Terdapat Contemporary Arab & Muslim Cultural Institute (CAMSCI) di University of North Texas yang dibentuk TMWF guna berkumpulnya para mahasiswa tersebut. Mereka kemudian menjadi volunter dalam aksi-aksi sosial.

Setiap pekannya, para wanita muslim ini mengisi sebuah acara radio yang bertemakan kedamaian di dalam rumah. Kepada para korban kekerasan, TMWF bahkan memberikan rehabilitasi mental, pelatihan kewirausahaan, hingga pelatihan manajemen keuangan. Terkait rehabilitasi mental, mereka bahkan mampu bekerja sama dengan dinas kesehatan pemerintah AS untuk memberikan pelayanan secara profesional dan memadai.

"Kami percaya bahwa dengan mempromosikan dan mendukung perempuan serta keluarga mereka, kami dapat membangun masyarakat yang lebih kuat yang berbasis dari kesadaran budaya dan pemahaman,” tulis TMWF dalam webnya.

Sedikitnya sudah lebih dari seribu wanita korban kekerasan yang dibantu. Tak hanya Muslimah, namun juga wanita yang beragama non-Islam. Sebagian besar mereka merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Atas kepedulian mereka para Muslimah Texas, banyak sekali organisasi ataupun lembaga yang memberikan penghargaan. Diantaranya yakni Uruj Saeed Award untuk Volunteerism, SoundVision-National Islamic Organization, Person of Faith Award, SMU Perkins School of Theology, Spirit of Community Leadership Award, League of Women Voters of Collin County, Rebecca Egelston Caso Bridge Builder Award, dan lain sebagainya terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu. Aksi sosial yang berdampak luas TMWF pula kemudian menjadikannya sebagai Peacemaking Organization of the Year.

Cukuplah beragam penghargaan tersebut membuktikan begitu bermanfaatnya aksi yang telah dilakukan Muslimah Texas di bidang sosial, terutama pembelaan terhadap kaum wanita. Mereka dengan gigihnya menumbuhkan ruh kepedulian sosial yang memang diajarkan Islam hingga membuat agama minoritas di Texas ini tak diasingkan namun dihargai.

Leave a Comment