Menengok Hangatnya Komunitas Muslim Aachen Jerman

Komunitas Muslim Aachen Jerman Komunitas Muslim Aachen Jerman (Foto : Azmi/Muslimahdaily.com)

Muslimahdaily - Seperti diketahui Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Dengan kata lain, bagi yang tinggal di Negara Bhinneka Tunggal Ika ini, penduduknya sangat mudah untuk mempelajari, mengkaji Islam, dan mengerjakan ibadah-ibadah, bahkan menutup aurat dengan baik.

Namun berbeda dengan Negara Jerman, walaupun beberapa penduduknya sudah dapat mengenal Islam, namun muslim di Jerman masih dikatakan sebagai minoritas. Dari wawancara Muslimahdaily bersama Azmi, penduduk Indonesia yang sekarang tinggal di Jerman mengatakan bahwa banyak di antara masyarakat Jerman tahu bahwa ketika seseorang menjadi muslim berarti mereka harus berkomitmen. Karena itu, mereka tidak ingin menjadi orang yang tidak berkomitmen. Selain itu, masih jarang tersedianya makanan halal, dan sedikitnya kesempatan untuk memiliki wadah belajar dan mendekatkan diri kepada Islam.

Melihat hal itu, salah satu ketua Keluarga Islam Achen yang sangat haus dalam mempelajari agama Islam mendirikan sebuah wadah untuk berkumpul, belajar bersama bagi orang Indonesia yang tinggal di negara Jerman tersebut. Aachen sendiri merupakan kota di ujung barat Jerman yang berbatasan langsung dengan Belanda dan Belgia. Di kota ini berdiri dua universitas terbaik di Jerman, sehingga masyarakatnya pun sangat majemuk, termasuk di dalamnya muslim Indonesia.

Demi memuaskan dahaga belajar Islam, Keluarga Islam Aachen (KIA) menggelar beberapa kegiatan. Setiap bulannya, muslim dan muslimah Aachen mengadakan taklim yang terpisah antara muslim dan muslimah. Setiap tiga bulan sekali ada pengajian gabungan, muslim dan muslimah Aachen berkumpul di masjid untuk mengadakan taklim, saat pengajian bulanan juga biasanya mereka mengundang ustadz dari luar Aachen.
Walau berjauhan bersama sanak keluarga di negara asalnya, rasa rindu akan kampung halaman tergantikan bersama Keluarga Islam Aachen. Momen spesial seperti Ramadhan dan Halal bi Halal membuat sesama anggotanya semakin erat.

Meskipun baru 120 orang yang tergabung di KIA, mereka tak pesimis dan berhati kecil untuk tetep mensyiarkan Islam di negara yang dikenal akan kecanggihan ilmu dan teknologinya ini. Komunitas Islam Aachen punya harapan besar untuk melebarkan sayap dakwah tak hanya untuk orang Indonesia, tapi juga bagi bangsa lain. Lain itu, mereka bisa memberikan bantuan riil kepada kawan kawan di Indonesia. Aamiin!

Untuk kamu yang tertarik dengan KIA, kamu bisa melihat kegiatan komunitas ini di https://keluargaislamaachen.wordpress.com/ atau jika ada yang ingin bergabung, bertanya tanya lebih jauh seputar Keluarga Islam Aachen bisa mengirimkan email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Leave a Comment