Markaz Inspirasi, Markasnya para Inspirator Muda!

Komunitas Markaz Inspirasi Komunitas Markaz Inspirasi ( Foto : Istimewa )

Muslimahdaily - Pemuda adalah generasi pembangun, agent of change. Seperti ungkapan Bung Karno “Berikanlah aku sepuluh pemuda maka akan kugoncangkan dunia!”. Jika generasi muda di suatu negara tumbuh menjadi generasi yang mandiri, kreatif, inspiratif, dan religius maka negara tersebut menjadi negara yang maju. Karena generasi muda adalah adalah aset penerus suatu bangsa.

Hal ini lah yang mendasari terbentuknya Markaz Inspirasi, sebagai wadah berkumpulnya anak muda yang inspiratif, kreatif, dan mandiri yang siap untuk melakukan aktifitas dakwah dan memberikan kebermanfaatan bagi umat. Komunitas yang memiliki anggota dengan latar belakang berbeda-beda ini, punya banyak harapan untuk para anggotanya. Mereka akan belajar, sharing bersama, dan berlatih untuk memiliki empat kualifikasi dasar leadership yaitu, Islamic public speaker, Islamic graphic designer, cinematographer, Islamic enterpreneur, dan Islamic writer.

Komunitas ini resmi didirikan pada tanggal 25 April 2015 di Jakarta oleh Ade Zuniarsa Putra, atau yang biasa disapa Bang Zun. Menurutnya, anak muda yang berdakwah harus disesuaikan dengan potensi dan minat bakat yang dimiliki sehingga tugas dakwah yang dilakukan akan terasa lebih nyaman.

Markaz Inspirasi memiliki kegiatan rutinan yang dilakukan secara online ataupun offline, salah satunya Inspirational project, yaitu ketika Markaz Inspirasi menyediakan jasa trainer atau motivator handal yang tergabung dalam Inspiratory Markaz Inspirasi. Para anggota akan belajar berbagai keahlian seperti public speaking, graphic design, cinematography, dan lain-lain.

Selain itu juga ada Kajian Malam Online (KMO) yang merupakan program kajian dan diskusi online yang dilakukan melalui aplikasi telegram setiap hari Senin dan Kamis malam. Kajian ini dapat diikuti oleh anggota maupun non anggota Markaz Inspirasi.

Ada juga Dakwah Kreatif, program ini berisi aktualisasi dakwah yang dibalut kreatifitas seperti poster inspiratif, video inspirasi, dan tilawah on the train. Program ini dibuat agar dakwah menjadi lebih berwarna dan terkesan tidak menggurui dan membosankan akan tetapi pesan-pesannya dapat tersampaikan.

Untuk menambah relasi dan menjalin komunikasi bagi anggota Markaz Inspirasi, terdapat kegiatan Kunjungan Tokoh yang diadakan sebulan sekali. Untuk menambah wawasan, peningkatan kualitas skill. Sedangkan untuk mengembangan pemahaman keislaman, diadakan mentoring inspirasi secara intensif selama 6 bulan untuk anggota dan pengurus Markaz Inspirasi.

Saat ini jumlah anggota markaz inspirasi saat ini sudah mencapai 1000 orang dari berbagai kota diseluruh Indonesia maupun luar seperi Mesir, Malaysia dan Madinah. Bang Zun sebagai penggagas komunitas Markaz Inspirasi berharap, Markaz Inspirasi dapat membuat program Sekolah Inspirator, yaitu program pendidikan professional dalam bidang public speaking, graphic design, cinematography, entrepreneur, writing yang terbuka untuk umum.

Untuk kamu generasi muda yang ingin ikutan menginspirasi dan gabung bersama Markaz Inspirasi bisa loh dengan follow twitter dan add offcial line @markazinspirasi atau visite website www.markazinspirasi.com

Leave a Comment