Itwoorqs Selenggarakan Workshop Public Speaking untuk Kaum Milenial

Muslimahdaily - Itwoorqs kembali menyelenggarakan Workshop A-Z Public Speaking: Effective Communication For Millenials di Soma Coworking Café, Jakarta Barat, Sabtu (31/08/).

Founder Itwoorqs, Aulia Ramadhani, membuka acara tersebut dengan memberikan materi tentang Communications Business and Personality.

“Ada banyak tipe-tipe orang menurut psikologi namun yang dijelaskan disini hanya tiga yang paling umum yaitu intorever, ekstrovert, dan ambivert. Kita harus kenal personality dan bisa memvisualisasikan tipe komunikasi kita. Kemudian membuat plan dan map it out”, tutur Aulia.

Sesi selanjutnya ialah training public speaking yang dipandu oleh Zatty Zephaniah. Izzaty menjelaskan mengenai ilmu public speaking yang didefinisikannya sebagai ilmu di mana ketika kita berbicara dengan satu orang atau lebih secara efisien dan efektif dan diberikan waktu di publik.

Ia juga memberikan tips public speaking yang terdiri dari 3P yaitu prepare, practice, dan present. Setelahnya, ia juga menjelaskan tips format opening yang menarik seperti dengan menggunakan pertanyaan, statement, cerita, atau bahkan dengan lawakan. Serta tips format closing yang dapat dibawakan secara mengesankan seperti dengan menggunakan pantun, konklusi atau punchline.

Suasana pun semakin meriah ketika para peserta diminta untuk melakukan tes suara dengan  menyebutkan kalimat mengggunakan variasi suara mulai dari whisper, normal, raise, hingga yell

Tidak hanya teknik public speaking yang dipaparkan oleh Izzaty yang menarik perhatian. Ada pula Teknik miking yang dibawakan oleh salah seorang speaker. Ia menjelaskan bagaimana cara memegang microphone dengan benar.

“Teknik miking yang benar ialah dengan memegang microphone dengan satu tangan di posisi body microphone, tidak terlalu atas dan tidak terlalu bawah. Serta tidak memegang microphone menggunakan dua tangan karena akan terasa kaku dan gugup” jelasnya.

Leave a Comment