Ketahui Pelecehan Seksual Non-Fisik di Sekitarmu Bersama T.I.C.K.E.T

Acara T.I.C.K.E.T Acara T.I.C.K.E.T ( Foto: Dokumentasi T.I.C.K.E.T )

Muslimahdaily - T.I.C.K.E.T TALKSHOW (Teenage in Communication Ethic) merupakan Talkshow yang diadakan oleh mahasiswa Mercu Buana dengan menghadirkan salah satu Duta GenRe Jakarta Barat 2019. Acara yang digelar di SMK (Sekolah Menengah Atas) Manggala Ciledug pada tanggal 11 November 2019 ini di ikuti oleh 130 siswa SMK, baik siwa perempuan maupun siswa laki-laki.

Talkshow TICKET bertujuan untuk memperkenalkan perilaku-perilaku yang tidak wajar berbau seksual yang dapar berujung kepada pelecehan seksual. Pelecehan seksual non fisik (verbal,digital/tertulis, non verbal (simbolis)) yang belum banyak disadari masyarakat tergolong dalam pelecehan dan dapat merusak moral generasi Indonesia. Pelecehan verbal termasuk di dalamnya candaan bermotivasi seksual, bertanya maupun menceritakan hal  berbau seksual yang membuat orang tidak nyaman (bukan dalam tujuan edukasi), mengajak melakukan kegiatan seksual baik ringan maupun berat kepada orang tidak seharusnya, serta membicarakan aktifitas berbau seksual atau organ tubuh orang lain kepada orang lain.

Sedangkan pelecehan seksual non verbal berupa siulan yang bertujuan untuk menggoda, gerakan tangan atau simbol tertentu yang melambangakan seks, serta mengedipkan mata dengan tujuan mengaganggu dan menggoda. Ada pula pelecehan seksual tertulis dan digital yang dibagi menjadi doxing, spamming konten seksual, dan mengirm visualisasi konten seksual.

Selain membahas jenis-jenis pelecehan seksual, TICKET Talkshow juga membahas nilai norma, dan pengaruh lingkungan serta media terhadap pelecehan seksual non fisik, diinformaskan pula dampak melakukan tindakan ini terhadap reputasi diri siswa dan lembaga disekitarnya,tentunya tentunya juga dibahas etika berkomunikasi yang menghindarkan diri pelecehan seksual.

Acara yang membawa bahasan menarik ini dikemas pula menggunakan interaksi seru kepada pesertanya seperti FUTURE TICKET HOLDER yang merupakan penobatan bagi mereka yang berani membagikan kisahnya, MINI CERDAS CERMAT : merupakan penobatan bagi mereka yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak tiket (pemateri), serta SOSMED EXPERT : atau penobatan bagi mereka yang mempublikasikan konten Instagram teredukatif mengenai acara.

Leave a Comment