Waktunya Mengenal Halal Lebih Dalam di Halal Expo Indonesia 2019

By November 29, 2019 0
Konferensi Pers Halal Expo Indonesia 2019 Konferensi Pers Halal Expo Indonesia 2019 ( Foto: Muslimahdaily/Nur Khairani Balqis Afifah )

Muslimahdaily - Setelah sukses dengan acara perdana, Halal Expo Indonesia kembali digelar. Pada tahun kedua, acara ini akan dilangsungkan pada tanggal 6-8 Desember 2019 di ICE BSD dengan Skyconnection sebagai event organizer. Mengusung tema "Halal is Everything", nantinya acara ini akan diisi oleh pameran produk-produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, property, pendidikan, travel, umroh, haji, hingga financial.

Halal Expo Indonesia berangkat dari ide bahwa selama ini halal lebih sering dikaitkan dengan makanan dan pernikahan saja. Padahal, halal menyangkut banyak hal, senantiasa hadir di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 berusaha mengenalkan perihal halal secara lebih luas kepada masyarakat. 

"Biasanya halal cuma dikenal kalau nggak makanan, ya nikah. Padahal halal itu urusan dari ujung kuku kaki sampai ujung rambut," ujar Aryo Wibisono, President Director Skyconnection pada konferensi pers, Kamis (28/11) di kawasan Dharmawangsa. 

Ustadz Fatih Karim yang juga hadir menyampaikan bahwa perihal isu halal di Indonesia memang tengah hangat diperpincangkan. Tak sedikit yang memandang halal justru membatasi pergerakan. Tak sedikit juga muslim yang malah membenci muslim dan Islam itu sendiri. Oleh karena itu, di acara inilah, waktunya mengenal halal lebih dalam. 

Halal Expo Indonesia akan berisi serangkaian konten menarik, mulai dari HEISpeak, HEIShare, HEIKids, hingga HEIAct. HEISpeak merupakah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan mengenai halal dalam Islam. Para pembicara terdiri dari ustadz, ustadzah, pelaku bisnis, akdemisi, hingga regulator. Tujuan HEISpeak adalah menyatukan berbagai sudut pandang mengenai halal dari berbagai pihak, sehingga didapatkan pandangan dan pendapat yang sama akan makna halal. 

Selain itu, Halal Expo Indonesia 2019 berusaha untuk menjadi acara yang taat pada aturan Islam sendiri. Nantinya, bagian acara terpisah antara pria dan wanita. Kegiatan apapun juga akan diberhentikan 20 menit sebelum waktu shalat. Acara ini juga berusaha menjadi acara yang ramah bagi anak. Area bermain anak hingga kegiatan lomba mewarnai memang dipersiapkan panitia pada area HEIKids. 

Melalui program HEIAct, Halal Expo Indonesia mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah pengunjung. Mulai dari sedekah sampah hingga anjuran bagi pengunjung agar membawa tumblr masing-masing bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia. 

Halal Expo Indonesia memberlakukan tiket 50.000 rupiah yang berlaku untuk satu hari dan 120.000 yang berlaku selama tiga hari per orang. 

Walaupun berangkat dari ide mengenai pandangan halal dari sisi Islam, acara ini ditujukan kepada masyarakat secara umum. "Event ini insha Allah terbuka untuk semuanya, semua kalangan," ujar Edwin Raja. 

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama