Belajar Menjadi Fashion Designer yang Sukses dari Treimee

Afra Nurina Afra Nurina Foto : Balqis Afifah

Muslimahdaily - Pesatnya perkembangan fesyen di Indonesia turut bersumbangsih dalam melahirkan fashion designer yang handal dan berkompeten dibidangnya. Salah satunya adalah Afra Nurina, fashion designer Treimee. Brand fashion yang akan genap berusia 3 tahun di bulan Juli nanti ini mengedepankan ciri khas yang membedakannya dari para pesaing.

“Kita lebih ke baju seperti ala ala kantor, banyak blazer, jaket, outer, celana celana palazo yang buat kerja. Dan ciri khas kita sangat simple, warna lembut, kalem. Tanpa banyak model yang gimana-gimana.” ujar Afra dalam wawancara dengan Muslimahdaily.com beberapa waktu yang lalu.

Selain khusus memproduksi pakaian untuk kantor, Treimee juga membidik pasar yang jelas yang diwujudkan melalui desain yang sesuai dengan umur target market Treimee.

“Target treimee itu dari 22 – 35 tahun, setelahnya gak lagi karena model dan warna produk tremee itu simple gak yang bunga-bunga. Biasanya kalo lebih dari 35 lebih suka milih yang bunga bunga.” ujar Afra.

Fokus pada produk dengan segmentasi pasar yang jelas, Treimee berhasil menjadi salah satu brand favorit masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa positioning yang tepat dalam berkarya akan mencuri perhatian pembeli yang akan selalu loyal dengan produk-produk yang dihasilkan karena memiliki ciri khas yang mengakar kuat pada desain dan produk yang dihasilkan.

Sebagai seorang fashion designer, Afra mengaku selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat sebuah design.

“Kalo aku biasanya riset lebih ke warna, bahan, pattern gitu aja, karena treimee sudah ada pasarnya sendiri jadi kita gak bisa keluar dari koridor ciri khas kami. Soalnya aku pernah coba ikuti tren yang lagi hits, tapi ternyata customer kita kurang cocok dan kurang suka, jadinya ya kita kembali lagi ke style tremee itu sendiri” ujarnya.

Dengan harapan baju yang dihasilkan di treimee bisa membuat para customer memiliki hari kerja yang menyenagkan dan nyaman, Afra mengaku tak takut dan ambil pusing soal persaingan karena menurutnya rezeki setiap orang sudah ditentukan. Dia juga tak segan menjalin hubungan baik dengan desainer lain untuk saling membantu mengembangkan bisnis dan menjaring lebih banyak konsumen. Meski kerap mengalami kendala produksi karena partner yang berada jauh, namun dia tetap optimis dalam membangun brand ini.

Afra juga membagikan nih saran bagi kamu yang ingin menjadi fashion designer seperti dirinya. “Saran aku dalam menjalani jangan setengah – setengah , fokus. Do your best!”

Brand treimee seakan menjadi contoh yang baik bagaimana passion dalam berkarya yang didukung dengan riset dan positioning yang tepat dapat menciptakan sesuatu yang unik khas dan memiliki pasarnya sendiri sehingga kamu tidak hanya sekedar ikut tren, melainkan memiliki ciri khas yang membedakan kamu dengan orang lain. Sangat inspiratif!

 

 

 

 

Leave a Comment