Tips Menjadi Public Speaker dari Teh Putri Dwiandari

Muslimahdaily - Di tengah pesatnya kemajuan zaman, selain nilai akademis yang memadai, kemampuan soft skill juga wajib dimiliki untuk meraih cita-cita maupun pekerjaan yang diidamkan. Salah satu soft skill yang tidak pernah usang oleh waktu dan malah penting banget di saat sekarang ini adalah public speaking.

Public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum, kemampuan berkomunikasi yang baik dan bagaimana menyampaikan informasi kepada orang lain dengan efektif. Tidak semua orang berani bicara di depan umum, tidak semua orang berani mengemukakan pendapat secara terang-terangan. Namun bukan berarti public speaking tidak bisa dipelajari loh!

Contohnya saja si teteh cantik Putri Dwi Andari. Sukses mencatatkan namanya menjadi salah satu public speaker paling hits saat ini, committee Hijabers Community yang juga ibu rumah tangga ini berbagi ilmu public speaking, terutama bagi muslimah Indonesia.

Berawal dari kesukaannya mendengarkan radio dan megagumi penyiar radio yang begitu luwes dalam membawakan acara, Putri menjadi terinspirasi ingin seperti mereka.

“Awalnya dulu waktu SMA berbicara di radio, terus ternyata saya suka akhirnya pas di dunia kuliah saya coba melamar menjadi penyiar di salah satu radio terkenal Jakarta, alhamdulillah masuk dan akhirnya saya jadi suka dunia public speaking karena di dunia ini sangat dinamis, saya bisa ketemu banyak orang baru, saya bisa nyalurin bakat ngomong saya, saya bisa banyak belajar untuk menyampaikan pesan dengan baik. Ternyata disitu membutuhkan skill khusus, ga asal gitu. Dan akhirnya berlanjut jadi MC deh.” ujarnya dalam wawancara dengan Muslimahdaily.com beberapa waktu lalu.

Skill khusus yang dimaksudnya adalah penguasaan materi ketika berbicara dan juga intonasi artikulasi. Kemampuan public speaking juga ada relasinya dengan kesuksesan seseorang karena mampu berbicara dengan baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan meninggalkan impresi mendalam kepada orang-orang lain yang ditemui.

“Pastinya ada dong ya korelasinya, karena kemampuan public speaking ga selalu melulu harus yang berprofessi Mc penyiar dll, tapi seluruh profesi, siapapun kita. Kita pastinya dituntut untuk bisa menyampaikan pesan atau informasi agar yang mendengar kita tertarik apa yg kita sampaikan. Nah jika kita dapat menyampaikan sesuatu dengan tekhnik yang benar, pastinya itu menjadi indikator kita sukses menyampaikan yang ingin kita sampaikan.” jelasnya.

Sebagai public speaker yang juga sering mengangkat tema Islam memberikan kesan tersendiri kepada spokeperson sebuah brand hijab ternama ini.

“Perasaan saya seneng banget, bisa tetep aktif dunia islam, bisa berbagi ilmu, dan kita bisa meperlihatkan ke orang orang ya, kalo muslimah itu ga kaku, kita juga bisa smart,percaya diri. kita sebagai muslimah harus berani, dalam artian kepercayaan diri kita harus bagus, kalo misal kita diam saja kita ga bisa dong ya membawa aura positif ke yang lain.” tuturnya.

Nah, untuk kamu para shalihat yang ingin bisa public speaking, teh Putri membagikan tips jitunya loh!

“Bagi yang belum, saran saya mulai sekarang harus dan coba diperbaiki, bisa banyak belajar dari buku,seminar-seminar, sering dengar radio orang, kursus-kursus, gak ada yang salah dan terlambat ya menurut saya”

“Ketika merasa nervous bergantung juga pada penguasaan materi, jadi kuasai materi dengan baik dan dalam, persiapkan dengan baik. Berlatih sebelum pada saat waktunya mungkin maju, jaga kondisi badan juga penting, jangan sampai pas hari waktu dimana ada tugas maju kedepan untuk berbicara kondisi kita lagi gak fit atau sakit. Pas di backstage jangan lupa minum air putih supaya kita tenang. Tarik nafas, berdoa, dan tau siapa audience kita suasananya.dengan begitu, kita jauh kebih siap dan percaya diri.” tambahnya.

Satu lagi nih, kalau kamu tertarik dengan dunia public speaking, teh Putri berpesan agar jangan mudah menyerah dan putus asa karena semua butuh proses. Selain itu jangan takut salah dan harus kuat menerima kritik maupun saran. So, buat kamu yang mau jadi public speaker sesukses teh Putri, baca bismillah dulu pasti semua bisa asal ada niat dan kemauan yang keras!

 

Edited : 13/08/2015

Last modified on Kamis, 13 Agustus 2015 20:28

Leave a Comment