Medina Zein, Inspirasi Pebisnis Muda Masa Kini

By December 22, 2018 0
Medina Zein Medina Zein ( Foto : Instagram/@medinazein )

Muslimahdaily - Siapapun bisa menjadi pebisnis handal meski dengan modal pas-pasan. Kalimat tersebut sesuai dengan kisah perjalanan pebisnis sukses yakni Medina Zein. Berawal dengan modal sejuta, Medina kini mampu meraup omset miliaran rupiah. Tak aneh bila sosoknya menjadi inspirasi muda masa kini.

Tak pernah terpikirkan sebelumnya dalam benak istri dari Lukman Azhari ini bahwa dirinya akan menjadi entrepreuner. Melihat dari latar belakang keluarganya yang mayoritas bekerja di bidang kesehatan dan ia pun lulusan Kebidanan di salah satu universitas, rasanya tidak mungkin bisa membangun bisnis yang besar. Namun, kini Medina dapat membuktikannya.

Singkat cerita, saat masih kuliah, wanita yang suka traveling ini ingin mempunyai uang jajan tambahan dan memulainya dengan menjadi reseller. Keuntungannya ia gunakan untuk membuat produk sendiri. Baru di tahun 2012, Medina berani membuka klinik pertamanya dengan 3 orang karyawan. Namanya mulai melesat saat ia meng-endorse keluarga Raffi Ahmad.

Medina menuturkan kalau semua orang bisa berbisnis, termasuk dengan modal yang pas-pasan. “Semua orang bisa bisnis. Yang nggak punya modal bisa mencari investor, yang punya modal bisa mencari orang berpengalaman untuk menambah skill,” ujarnya saat diwawancarai Muslimahdaily beberapa waktu lalu. Ia juga menjelaskan bahwa yang tersulit dalam berbisnis ialah mempertahankan.

Enam tahun berbisnis bukanlah waktu yang singkat. Pahit dan manis serta lika-liku perjalanan membangun bisnis pun pernah dirasakan oleh wanita beranak satu itu. Mulai dari ditikung kerabat hingga rugi miliaran rupiah. “Juga pernah kena tipu, tapi aku percaya kalau rezeki itu nggak kemana,” tambahnya.

Atas kerja kerasnya membangun bisnis, kini ia telah mempekerjakan 300 karyawan. Untuk  rencana ke depannya tidak muluk-muluk, ia tetap ingin fokus pada kliniknya saja. Menurutnya, “Cukup di klinik aja rezekinya, segini kan udah perjuangan panjang. Nanti bisa sakit, rezeki paling indah dari Allah kan kesehatan.”

Namun, memang masih ada beberapa harapan yang ingin dicapai oleh Medina untuk beberapa tahun ke depan. Salah satunya ingin mempunyai cabang di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Untuk sekarang ini ia juga tengah mempersiapkan launching bukunya.

Buku ini menceritakan kisah perjalanan hidupnya sejak anak-anak hingga menjadi pengusaha sukses seperti sekarang. Di dalamnya juga menceritakan mengenai jatuh-bangunnya ia menjadi pebisnis dan solusi menghadapinya. Tak lupa ia menambahkan tips menjadi pebisnis sukses.

Menurutnya kunci menjadi pebisnis ialah harus paham passion, resiko, badget, dan strategi bisnis. “Kalau udah itu yaa jalan. Jalannya jangan langsung pengen ngebut, pelan-pelan dulu. Karena kita udah bisa bertahan (dengan passion, resiko, badget, dan strategi yang matang), kita semakin lama akan kuat diterpa apapun.” tutupnya.

Last modified on Saturday, 22 December 2018 11:24

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama