5 Fakta Menarik Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Penyandang Disabilitas

By November 25, 2019 0
Angkie Yudistia Angkie Yudistia ( Foto: Instagram/ANGKIE.YUDSITIA )

Muslimahdaily – Presiden Joko Widodo baru-baru ini menunjuk Staf Khusus Presiden di Istana Merdeka. Tujuh Staf Khusus Presiden yang dikenalkan merupakan generasi milenial.

Adapun tujuh Stafsus Presiden yang dikenalkan Jokowi antara lain Andi Taufan Garuda Putra, Ayu Kartika Dewi, Adamas Belva Syah Devara, Aminuddin Maruf, Gracia Billy Mambrasar, Putri Indahsari Tanjung, dan Angkie Yudistia.

Menariknya, salah satu Stafsus Presiden yang ditunjuk langsung oleh Jokowi merupakan tuna rungu, yaitu Angkie Yudistia. Angkie bahkan diberi tugas tambahan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi jubir presiden bidang sosial.

"Angkie adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur melalui Disable Enterprise. Dia juga aktif sebagai anggota Asia Pacific Deaf Person, anggota Internasional Federation," ungkap Jokowi di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11), seperti yang dilansir dari Suara.

Sosok Angkie mengundang rasa penasaran timbul dalam diri kita, yuk simak fakta menarik dari Angkie untuk obati rasa penasaranmu.

1.    Menjadi Tuna Rungu karena Malaria

Angkie merupakan penyandang disabilitas. Dirinya menjadi tuna rungu ketika menginjak usia 10 tahun, dikarenakan terkena penyakit malaria.

Hal tersebut membuat Angkie sering di-bully oleh teman-temannya atau orang lain yang mengetahui kekurangannya. Meski sempat merasa minder, perempuan 32 tahun itu memutuskan untuk melangkah maju hingga kini meraih segudang prestasi.

2.    CEO Thisable Enterprise

Memiliki pengalaman sulit mendapatkan pekerjaan, membuat Angkie memutuskan mendirikan Thisable Enterprise. Meskipun pernah bekerja, ia akhirnya memutuskan untuk melepas pekerjaannya dan mendirikan perusahaannya sendiri untuk membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

"Saya sempat bekerja tapi saya merasa banyak komunitas disabilitas yang susah dapat pekerjaan. Hingga akhirnya saya merasa harus membuat perubahan," kata Angkie dilansir dari Suara.

Ia kemudian bekerjasama dengan Gojek untuk mempekerjakan penyandang disabilitas di Go-Glam dan Go-Auto.

3.    Motivator Inspiratif

Dalam akun Instagram pribadinya, Angkie sering membagikan potret dirinya yang menjadi pembicara dalam sebuah event. Ya, Angkie sendiri merupakan motivator muda yang inspiratif.

Pada acara Youth Town Hall Nasional yang dihelat Kementerian Kesehatan RI bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Balai Sarbini, Jakarta, Maret 2019 lalu.

Ibu dua anak itu mengatakan bahwa siapapun berhak memiliki cita-cita tinggi, termasuk penyandang disabilitas. Ia juga menghimbau pada sesama disabilitas untuk tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, karena pada dasarnya setiap orang diciptakan berbeda.

4.    Menjadi finalis Abang None dan The Most Fearless Female Cosmopolitan pada tahun 2008

Penulis Menembus Batas, Setinggi Langit dan Become Rich As A Sociopreneur ini juga pernah menjadi finalis Abang None Jakarta Pada Tahun 2008. Masih pada tahun yang sama, Angkie juga ditunjuk sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan tahun 2008.

Angkie membuktikan sekalipun dirinya merupakan penyandang disabilitas, namun ia bisa melakukan berbagai macam hal dalam hidupnya. Ia membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga mampu bangkit dan menembus batas kemampuannya, hingga ia akhirnya memperoleh segudang prestasi.

5.    Lulus dengan Predikat Cumlaude

Menjadi penyandang disabilitas tidak membuat Angkie menyerah begitu saja pada hidupnya. Termasuk dalam pendidikan, ia membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga mampu meraih prestasi dalam dunia pendidikan.

Setelah lulus dari SMAN 2 Bogor, ia melanjutkan pendidikannya di London School of Public Relation, Jakarta dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.

“Semua possible selama kita yakin. Saya tidak bisa mendengar, tapi saya bisa lulus S1 dan S2 dengan cumlaude. Saya memang nggak bisa mendengar tapi saya bisa melihat. Saya berusaha menggunakan mata untuk mengakses informasi,”terang Angkie, masih dalam acara Youth Town Hall Nasional.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama