Mona Shindy, Muslimah Pertama Yang Jadi Kapten di Angkatan Laut Australia

Muslimahdaily - Kapten Mona Shindy, seorang insinyur persenjataan, penasehat budaya, dan pemimpin bisnis di Angkatan Laut Australia, terpilih sebagai Telstra NSW Business Woman of the Year 2015, untuk menghormati karirnya di Angkatan Laut di mana dia menjaga semangat yang kuat untuk keragaman budaya.

“Aku suka menginspirasi orang-orang untuk berinovasi dan keluar dari zona nyaman melihat banyak hal dengan perspektif berbeda,” ujar Kapten Shindy, Direktur Perang Wilayah Pesisir dan Dukungan Kelautan, di perhelatan Telstra Rabu lalu. 

“Aku ingin orang-orang jujur pada diri sendiri tanpa takut atau mengalami diskriminasi dan dihargai punya pandangan dan kontribusi yang berbeda.”

Perjalan karir Kapten Shindy di kapal perang Australia mulai 26 tahun lalu ketika ia berusia 23 tahun lulus universitas di Blokey di bidang teknik dan bekerja di kapal perang HMAS Canberra untuk menguji peluru kendali di Pasifik. 

Selama 26 tahun di Royal Australian Navy, ia mendapat banyak pengalaman termasuk mewakili negaranya di Washington DC dalam program Australian Air warfare Destroyer. Perannya sekarang adalah bertanggung jawab atas pengambil alih aset pertahanan nasional.

“Kami benar-benar baru dan orang tahu setiap pergerakan kami, apa yang kami lakukan dan di mana kami berada.  Kesemua itu adalah pengalaman positif tapi tentunya ada saat-saat yang menantang,” ujarnya pada Daily Telegraph seperti yang dikutip dari laman Onislam.net (02/10/15).

“Sebagian besar insinyur perempuan di lingkungan kerja harus bekerja lebih keras awalnya untuk membuktikan apakah ia pantas atau tidak untuk memperilhatkan kompetensi yang dimiliki agar diterima penuh sebagai anggota yang berguna dan berkontribusi nyata pada tim.”

Tantangan besar pertama datang di bulan ramadhan saat dia diajak makan bersama atau tidak sama sekali.
“Reaksi pertama dariku adalah berempati daripada merasa marah, dan mencoba menjadi bagian solusi dan bekerja sesuai latar belakang pendidikan melalui perjanjian dan interaksi dan menjadi profesional apa yang aku lakukan dan menyampaikan hasil yang profesional pula. Pada akhirnya, orang akan menghargai itu,” ujarnya.

Keragaman Budaya

Kapten Shindy baru-baru ini ditunjuk sebagai Kepala Penasehat Strategis Angkatan Laut untuk Urusan Budaya Islam, karena itu ia dianugerahi penghargaaaan the Conspicious Service Cross tahun ini dalam memperingati hari Australia atas jasanya menjembatani perbedaan budaya. Tugasnya untuk mendorong Muslim bergabung dengan pasukan pertahanan, sekitar 100 dari 45 ribu pasukan pertahanan teridentifikasi beragama Islam, 27 diantaranya di Angkatan laut.

Komandan Operasi Telstra dan Duta Business Women’s Award Telstra, Kate McKenzie mengatakan, Kapten Shindy dan semua pemenang NSW telah mencapai hansil yang mengesankan di bidangnya masing-masing.

“Mona Shindy telah menjadi pelopor selama berkarir di Angkatan Laut, menggerakkan perubahan organisasi. Kemampuannya membuat perubahan suatu hal langka dan benar-benar menginspirasi,” ujar McKenzie

Last modified on Selasa, 03 November 2015 15:14

Leave a Comment