Muslimah Korea Ini Populer Karena Cantik Berhijab dan Berdakwah

Muslimahdaily - Arus industri hiburan asal Korea Selatan memang begitu kencang beberapa tahun belakangan di Indonesia. Negeri gingseng itu dikenal dengan budaya K-Pop dan K-Dramanya yang membuat para penggemar di Indonesia ingin mengetahui lebih banyak tentang Korea, termasuk tentang bagaimana Islam di Korea.

Berikut ini, beberapa muslimah asli Korea Selatan yang populer di kalangan netizen Instagram. Bukan cuma karena penampilan mereka yang cantik berhijab, para muslimah Korea yang tergabung dalam Korean Muslim Federation ini juga sering berbagi cerita tentang kehidupan mereka sebagai kaum minoritas di negeri sendiri.

Song Bora

Muslimah pemilik akun Instagram @olaborasong ini memiliki 73 ribuan pengikut yang berasal dari berbagai negara di dunia. Nama aslinya adalah Song Bora dan ia memilih Ola sebagai nama muslimahnya.

Selain seorang model, Ola ternyata adalah pengajar Bahasa Arab di Korea. Dari foto yang ia unggah, ia bercerita, jika muridnya adalah anak-anak Korea Selatan yang mayoritas bukan muslim.

Bukan hal yang mudah bagi Song Bora untuk hidup sebagai muslimah di Korea. Saat diwawancarai seorang YouTube blogger, ia mengungkapkan, tekanan dari orang-orang sekitar justru rintangan terbesarnya. Ketidaksetujuan orang tua dan keluarga, hingga menghindari hal-hal yang diharamkan Islam saat bergaul dengan teman-temannya adalah sesuatu yang biasa dialami para muslim di Korea.

"Daripada mengatakan, "Islam tidak seburuk yang digambarkan media," kami lebih mudah diterima jika mengatakan, "Aku percaya Tuhan dan agamaku. Jadi aku sangat berterimakasih jika kalian mau menghargainya,"" kata Song Bora dalam video tersebut.

Menjadi minoritas tidak selamanya menyedihkan. Karena berhijab, Bora sering dikira bukan orang Korea dan membuatnya bisa lebih cuek bertingkah lucu dan aneh di depan publik.

"Karena aku berhijab, aku juga dikira turis, jadi aku cuek saja," katanya di video lain bersama sahabatnya dari Singapura.

Song Bora juga menjadi cameo dalam film Hijab Traveler yang diangkat dari novel Asma Nadia. Foto-fotonya bersama sang penulis dan Bunga Citra Lestari sebagai pemerannya menjadi topik populer di kalangan netizen.

Gadis yang mengecam segala bentuk terorisme ini juga berkeinginan untuk mengunjungi Malaysia dan Indonsesia suatu saat nanti dan menyapa para pengikut Istagramnya yang banyak berasal dari kedua negara ini.

Kang Nayeon

Kang Nayeon menggunakan nama Safiya sebagai nama muslimahnya. Nayeon diikuti oleh 14 ribuan akun di Instagramnya. Teman dari Song Bora ini juga aktif dalam organisasi muslim di Korea dan turut berpartisipasi sebagai cameo dalam Hijab Traveler. Dengan bangga, Kang Nayeon mengunggah foto-foto kebersamaannya dengan Asma Nadia dan Bunga Citra Lestari ke Instagram.

Si cantik Safiya adalah pecinta jalan-jalan. Ia sudah berkeliling banyak negara, termasuk ke Eropa. Berusaha istiqomah, Kang Nayeon tidak melepas hijabnya meski berada di tanah Eropa waktu itu.

Kang Nayeon sering melakukan foto selfie yang memperlihatkan aneka gaya hijab kasual yang sering dipakainya sehari-hari. Selain itu, ia juga suka berdandan namun dengan makeup yang minimalis. Kamu bisa melihat cantiknya hijab ala Kang Nayeon di akun @safiya.kang.nayeon.

Yim Sungoo

Tidak sebanyak dua muslimah Korea lainnya, Yim Sungoo memiliki seribuan pengikut di Instagram. Untuk soal hijab, Sungoo yang kini juga dipanggil Rahimah ini punya gaya yang berbeda. Ia lebih sering tampil menggunakan model turban untuk penutup kepalanya.

Yim Sungoo juga aktif dalam memberikan informasi seputar makanan dan kosmetik halal di Korea. Ia sering mengunggah foto-foto lokasi toko penjual makanan dan kosmetik hahal di negeri idola K-Pop tersebut. Bahkan, Sungoo juga mengunggah makanan apa saja yang bisa dikonsumsi para muslimah di Korea, seperti ramen. Ia menjelaskan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang di Korea.

Tak hanya itu, Sungoo atau Rahimah ini sudah mendapat sertifikat sebagai auditor halal di pelatihan internasional yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Keren, kan?

Yim Sungoo beberapa kali berpose dengan teman-teman muslimah dari Indonesia dan Malaysia. Ia bercerita banyak bertukar pikiran dengan mereka, selain dengan para muslimah lain yang tergabung dalam Korean Muslim Federation. Jika kamu ingin mengenal Sungoo lebih dekat, kamu bisa mengunjungi akun Instagramnya di @sungoo_rahimah_yim.

Menjadi muslimah di negeri Islam minoritas, seperti di Korea, memang bukan hal yang mudah. Semoga sahabat muslimah kita bisa beristiqomah dan terus menginspirasi orang lainnya, ya.

Leave a Comment