Kisah Nada Syifaa Ubah Insecure jadi Bersyukur

Nada Syifa Nada Syifa ( Foto: Instagram/Nadasyifa99 )

Muslimahdaily - Hampir tiap manusia pasti merasa insecure. Perasaan tidak nyaman dan kurang percaya diri ini banyak macamnya, bisa jadi karena kedaan ekonomi hingga keadaan fisik. Misalnya saja insecure karena jerawat tak kunjung sembuh yang dialami public figure Nada Syifaa.

Muslimah yang lahir pada 12 Agustus 1999 ini memang mengaku pernah merasa tidak percaya diri lantaran wajah yang dipenuhi jerawat. Hal itu dialami pada saat dirinya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Insecure tersebut makin parah ketika banyak komentar kurang mengenakkan datang para followers dan netizen.

“Ngebuat diri aku nggak percaya diri. Emang temen-temen aku Alhamdulillah nggak pernah ngeledikin, tapi dari netizen ada aja yang komen, kenapa jadi gini, kenapa jadi gitu,” ujar Nada saat diwawancari oleh Muslimahdaily.

Tak hanya karena jerawat, rasa insecure Nada ternyata pernah datang karena dirinya mudah naik berat badan. Nada yang saat itu merasa kurang nyaman akhirnya berusaha untuk menurunkan berat badannya. Diakui Nada, dirinya bahkan pernah tidak mengalami menstruasi lantaran terlalu memikirkan komentar netizen.

“Aku sempet berenti mens karena omongan netizen karena aku terlalu insecure dengan badan dan pipi aku. Ada momen saat aku memang susah banget buat naik berat badan, aku bersyukur, tapi di sisi lain aku nggak bahagia karena pola makan aku nggak baik,” kisah muslimah berusia 21 tahun ini.

Tak mau terpuruk terlalu lama, Nada memutuskan untuk memutus rasa insecure tersebut. Ia mulai bangkit dan menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Di samping terus berkonsultasi dengan ahli, Nada mulai tekun mengganti pola hidupnya ke arah yang lebih sehat. Walau diakui tidak nyaman karena termasuk orang yang mudah naik berat badan, Nada tetap memutuskan untuk tidak akan pernah diet lagi. Alih-alih menurunkan porsi makan, Nada memlih untuk olahraga rutin minimal 3 minggu sekali.

Selain itu, ia selalu mencoba untuk mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini. Menurutnya muslimah bergolongan darah AB ini, bersyukur merupakan kunci dari segala kebahagiaan.

“Yaudah, aku nggak mau maksain buat kurus, buat pengen diet. Yaudah jalanin aja prosesnya. Aku mensyukuri apa yang udah aku dapet sekarang,” tuturnya.

“Aku berusaha mencari hal positif dari diri aku, misalnya masih bisa makan enak, masih lengkap keluarganya, masih bisa olahraga, berpenghasilan, banyak banget hal yang harus kita syukuri dibanding kita selalu insecure,” imbuh Nada.

Proses mencintai diri sendiri ini juga ternyata dibantu oleh sang idol, yakni BTS. Menurutnya semenjak menjadi penggemar ARMY, panggilan penggemar boyband Korea tersebut, dirinya jadi lebih mudah tenang dan mencintai diri sendiri.

“Aku bisa cinta diri aku kayak gini karena BTS. Semenjak aku jadi ARMY, aku jadi lebih tenang dan mencintai diri aku aja,” ucap Nada.

Walau hampir lepas dari bayang-bayang insecure, Nada mengaku bahwa perasaan tidak nyaman tersebut wajar adanya dan bukan masalah besar. Terlebih jika insecure dapat membawa seseorang untuk lebih bersyukur.

“Menurut aku insecure oke aja, selama itu nggak membawa ke hal negatif, misalnya depresi, menutup dari orang lain. Kalau insecure tapi membawa ke bersyukur, ya enggak apa-apa. Au sangat yakin kalau udah menemukan cara untuk bersyukur, itu akan membuat jauh lebih bahagia,” tutur Nada.

“Kalau dulu kayak pengen berubah, kalau sekarang yaudah alhamdulillah, dulu terlalu mikirin omongan orang lain, kalau sekarang I want to live my life,” imbuh Nada.

Kini, Nada aktif menyuarakan pola hidup sehat dengan olahraga Zumba melalui akun Instagram-nya. Mennurutnya olaharaga lebih daripada mampu menurunkan berat badan saja, melainkan juga dapat membawa kebahagiaan.

“Olahraga itu sebuah kebahagiaan, kalau kita olahraga itu akan muncul hormon endorphine yang bisa membuat kita jadi awet muda, dan jauh lebih bahagia,” tutup Nada.

Last modified on Minggu, 20 September 2020 21:25

Leave a Comment