5 Muslimah Penggiat Gaya Hidup Minimalis yang Patut jadi Inspirasi

Maurilla Sophianti Imron dan Gita Savitri Maurilla Sophianti Imron dan Gita Savitri ( Foto: Instagram/ayudiac dan murielimron )

Muslimahdaily - Minimalis sering kali dikaitkan dengan konsep estetika suatu bangunan dan menata ruangan. Padahal makna minimalis tidak sesederhana itu, lho. Minimalis sendiri mengacu pada gaya hidup yang terinspirasi oleh gaya hidup Zen dari Jepang.

Oleh karena itu sebenarnya minimalis dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya dengan mengubah mindset kita untuk menyederhanakan hidup dengan mengurangi jumlah barang sesuai dengan pemenuhan kebutuhan yang pas dan esensial atau dikenal sebagai gaya hidup minimalis.

Selain tenar karena bentuk bangunan dan interior ruang, minimalis semakin dikenal semenjak munculya Marie Kondo. Perempuan asal Jepang ini merupakan salah satu inspirasi gaya hidup minimalis. Sosok Marie Kondo telah dikenal luas dikalangan pecinta seni merapikan rumah. Dia menyuarakan keteraturan dan fungsi hidup sebagai manusia.

Sahabat Muslimah, tahukan kamu kalau banyak juga sosok muslimah yang menerapkan gaya hidup minimalis seperti Marie Kondo. Siapa saja mereka? Berikut ini rangkuman Muslimahdaily untuk kamu. Yuk simak!

Maurilla Sophianti Imron

https://www.instagram.com/p/CEi1KBVnaOj/

Youtuber Indonesia yang tinggal di Eropa ini menganut gaya hidup minimalis. Melalui channel Youtube-nya, Maurilla Sophianti Imron sering membagikan tips hidup minimalis, simplify life atau tips lainnya yang mengarah kepada “hidup lebih sadar”.

Maurilla sudah menerapkan gaya hidup ini setidaknya selama 6 tahun. Ia juga sempat membagikan ceritanya ketika menjadi korban marketing.

“Kita tumbuh di masyarakat yang ngevalue seseorang itu dari apa yang kita punya, juga berdasarkan tampilannya,” begitu kata Maurilla.

Tak ada siapapun yang bisa disalahkan atas hal ini, namun kita dapat menyadarkan diri atas kontrol yang kita punya. Bahwasanya dengan gaya hidup minimalis, kita bisa belajar untuk lebih mengutamakan prioritas dan mengenali diri lebih dalam.

Gita Savitri Devi

https://www.instagram.com/p/CDjKcdkKCVy/

Muslimah asal Indonesia yang tinggal di Berlin, Jerman ini juga menganut gaya hidup minimalis, lho. Lewat Channel Youtube-nya, wanita yang kerap disapa Gitasav ini kerap membagikan tips bagaimana hidup seminimalis mungkin, salah satunya tentang mempersiapkan barang bawaan untuk liburan.

Dalam liburannya selama seminggu, Gita hanya menyiapkan 3 setelan dengan 1 sweater yang pasti dipakai selama masa liburan tersebut. Sehingga, tidak ada baju yang tidak terpakai yang hanya memenuhi isi koper saja.

Selain itu, pilihan baju berwarna netral adalah strategi yang dia lakukan agar mudah dalam memilih warna kerudung. Sehingga tak perlu membawa beberapa kerudung untuk disesuaikan dengan setelannya.

Ayudia Bing Slamet

https://www.instagram.com/p/CE1VBL8HsZV/

Siapa yang tidak kenal dengan Ayudia? Istri dari Ditto Percussion ini memang sering memberikan inspirasi seputar hidup minimalis. Saat membangun rumah misalnya.

Lewat Youtube #temantapimenikah Ayudia dan Ditto pernah melakukan house tour isi dalam rumah yang mereka desain sendiri. Terlihat sekali hunian tersebut tampak minimalis dan nyaman untuk ditinggali. Setiap ruangan dibuat dengan luas yang cukup untuk menaruh barang-barang seperlunya.

Tak hanya itu, Ayudia juag menunjukkan gaya hidup minimalis-nya dalam fashion. Warm color menjadi pilihan Ayudia dalam memadukan outfitnya. Gaya fashion ala Ayudia dapat dijadikan inspirasi bagi para muslimah, nih.

Khoirun Nikmah

https://www.instagram.com/p/CFmolq7nxqx/

Khoirun Nikmah merupakan seorang blogger dan Co-Founder Komunitas Gemar Rapi yang sering membagikan tips seputar hidup minimalis di blog pribadinya. Buku pertamanya yang berjudul KonMari Mengubah Hidupku adalah titik awalnya mengenal gaya hidup minimalis. Alasan utama Khoirun Nikmah mengaplikasikan gaya hidup ini karena lelahnya menata barang yang banyak.

Cara awal yang ia lakukan adalah dengan mengurangi barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Kelalaiannya dalam merawat barang juga menjadi faktor lain dalam menerapkan simple living ini.

Setelah hidup minimalis, Khorin Nikmah merasa memiliki waktu dan energi yang lebih dan pastinya hemat sekaligus menumbuhkan sifat dermawan dengan membagikan barang-barangnya secara sukarela. Selain itu, sikap saling membandingkan juga akan berkurang karena rasa kepuasan yang dimiliki terhadap barang-barang yang jumlahnya sedikit.

Puteri Hasanah Karunia

https://www.instagram.com/p/CBnKkYkgB8X/

Puteri Hasanah Karunia dikenal sebagai blogger sekaligus selebgram. Muslimah yang satu ini menggambarkan gaya minimalis melalui gaya fashion-nya. Banyak unggahannya di Instagram-nya yang didominasi warna polos dan tone yang netral.

Tak jarang Puteri membagikan gaya hijab effortless ala dirinya. Pengetahuan dirinya terhadap fashion menuntunnya untuk memulai bisnis busana tepat pada tahun 2014.

Last modified on Selasa, 29 September 2020 16:40