Eqbal Asa’d, Dokter Termuda di Dunia Asal Palestina

Eqbal Asa’d Eqbal Asa’d

Muslimahdaily - Ilmu kedokteran dikenal dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapat gelar dokter. Maka tidak aneh jika para mahasiswa kedokteran baru bisa lulus dengan gelar dokter pada usia kurang lebih 25 tahun ke atas.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi Eqbal Asa’d, muslimah asal Palestina yang masuk sekolah kedokteran di usia 14 tahun dan kemudian mendapatkan gelar dokternya pada saat usianya masih 20 tahun! Tidak hanya itu, Asa’d pun juga tercatat sebagai dokter termuda di Guiness World Records.

Menerima beasiswa dari universitas bergengsi di Qatar, Weill Cornell Medical College, dan menyelesaikan sekolah dasar pada saat usianya masih 7 tahun, Asa’d dijuluki sebagai anak jenius. Kecerdasan dan kemampuannya yang melebihi anak-anak di usianya menyebabkan Asa’d dapat naik kelas lebih cepat dari teman-temannya dan lulus SMA di usia 12 tahun. Maka tidak mengherankan, jika ia bisa mendapatkan gelar dokter di usia yang masih sangat muda.

Sampai sekarang masih banyak orang-orang yang beranggapan bahwa wanita muslim itu tertindas dan tidak bisa berprestasi, namun Asa’d membatah anggapan-anggapan tersebut. Asa’d membuktikan bahwa wanita muslimah juga bisa berprestasi bahkan di tingkat internasional.

Last modified on Senin, 02 Mei 2016 11:46

Leave a Comment