Noor Tagouri, Pembaca Berita Muslim Pertama di Amerika

Noor Tagouri Noor Tagouri ( Foto : instagram @ntagouri )

Muslimahdaily - Gadis belia kelahiran Libya-Amerika ini penuh percaya diri. Berhijab tak pernah mengekang dirinya untuk mengejar mimpi, bahkan di negara adidaya, Amerika.

Namanya Noor Tagouri, usianya masih 22 tahun dan dia sudah menginspirasi dunia karena menjadi pembaca berita televisi pertama di Amerika yang menggunakan hijab. Tagouri tak pernah malu dan takut dengan keyakinan yang 'diasingkan' di Barat tersebut.

Sejak berumur 8 tahun, Tagouri kecil sudah bercita-cita untuk menjadi wartawan. Lewat inspiratornya, Operah Winfrey, Tagouri banyak belajar dan mencuri ilmu bagaimana caranya mengorek narasumber. Dari program-program Operah yang tak pernah terlewatkan selepas pulang sekolah, Tagouri pun semakin terobsesi untuk menjadi seorang jurnalis.

Ketika meranjan dewasa, gadis yang tinggal di Maryland, Amerika Serikat ini, mulai menulis artikel di media massa. Semasa kuliah, dia sudah mulai terjun untuk magang di berbagai stasiu radio, seperti di Washington DC, TV ABC News, CBS Radio Associate Journalist, dan juga WUSA9.

Kemampuannya semakin terasah ketika menjadi jurnalis junior yang selalu memerhatikan cara seniornya mengumpulkan berita. Tagouri selalu aktif dari dulu hingga saat ini. Banyak bertanya kesana kemari membentuknya menjadi pribadi yang lincah, percaya diri, dan pintar.

Dilansir Washington Post, Noor Tagouri mengungkapkan jika dia tidak akan pernah menyembunyikan keyakinannya hanya untuk mendapat pekerjaanya. Justru sebaliknya, identitasnya jauh lebih penting dari pada sebuah pekerjaan.

Ketika Tagouri berhasil duduk di meja pembaca berita di stasiun TV ABC News, dia mengunggah foto dirinya dan membuat ratusan ribu penggemar di Facebook ikut bahagia.

"Ini selalu menjadi mimpiku," tulisnya sebagai keterangan foto yang membuat para pengguna akun FB terharu.

Sebagai anak muda, Noor Tagouri mengaku masih banyak jalan yang harus dia tempuh. Namun dia tak ragu untuk berbagi pengalaman dan kisahnya untuk memotivasi muslimah lain di berbagai negara.

Lewat kampanye #LetNoorShine yang artinya "Biarkan Cahaya Bersinar" sejak tahun 2012 di YouTube, Noor Tagouri mengajak semua orang untuk percaya diri menggapai mimpi masing-masing. Dukungan dari orang-orang sekitar sangat diperlukan, dan kampanye tersebut bertujuang untuk saling mendukung satu sama lain siapa pun mereka.

Menjadi terkenal tentu membuatnya juga dibanjiri komentar negatif dari para haters. Tagouri mengaku dihujani kebencian setiap hari baik dari mereka yang nonmuslim maupun muslim itu sendiri. Tapi bagi gadis muda ini, semua tidak pernah ia pedulikan.

Yang terpenting, Tagouri selalu meningkatkan kualitas dirinya dengan banyak belajar setiap hari. Sebagai muslimah, Tagouri ingin membuktikan, bahwa hijab adalah sebuah kebebasan dan semua wanita muslim berhak mendapatkan kebebasan itu. Dengan hijab, dia juga ingin membuktikan jika dirinya bisa bersaing dengan semua orang karena kualitas diri yang matang.

Leave a Comment