Raisa Martika, nggak suka olahraga Hockey kini jadi Juara Hockey di PON Papua 2021

Raisa Martika Raisa Martika ( Foto : Wolipop/Doc. Pribadi Raisa )

Muslimahdaily - Raisa Martika Tamara, salah satu atlet hijab yang berhasil menyumbangkan medali emas di PON XX 2021 PAPUA untuk Kontingen Jawa Barat. Pencapaiannya itu sekaligus menetapkan Posisi #JABARJUARA di Peringkat 1.

Raisa dan Siti Anisa yang merupakan teman satu Tim Hockey Indoor Jabar, meraih kemenangan ketika melawan Papua Barat dengan skor 6-0, lalu Raisa dan tim juga meraih skor kemenangan 1-0 saat berhadapan dengan Tim Hockey Jawa Tengah. Raisa bersama timnya pun berhasil mendapatkan medali emas di PON XX 2021 ini.

Ketertarikan Raisa pada dunia olahraga sudah ada sejak sekolah dasar, berawal dari mengikuti ekstrakulikuler basket. Raisa mengaku tidak mempunyai keinginan mengikuti olahraga hockey sebelumnya,

“Aku hanya ikut kurang lebih satu tahun karena basket banyak saingannya, susah untuk berkembang. Lalu aku ‘dipaksa’ oleh orang tua mengikuti olahraga hockey pada tahun 2005. Saya sampai nangis-nangis nggak mau dan diantar ke tempat latihan,” Ujar Raisa kepada Wolipop, Senin(18/10/2021).

Alasan Raisa tidak ingin mengikuti olahraga hockey saat itu, karena tempat latihan yang sangat jauh dari Kota Cianjur, “Apalagi latihannya capek karena jogging sering ke gunung hampir setiap minggunya,” kata Raisa.

Sampai pada akhirnya ketika Raisa melihat beberapa seniornya yang terpanggil untuk mengikuti PON pada waktu itu, setelah awalnya merasa berat menjalani latihan hockey, Raisa perlahan menyukai olahraga tersebut.

Bahkan berkat prestasinya sebagai atlet hockey, Raisa bisa masuk jalur prestasi ke SMANSA 1 Cianjur, hingga diterima di Universitas Pendidikan Pendidikan (UPI) Bandung, Jawa Barat melalui PMDK. Raisa juga mengatakan jika kedua orangtuanya mendukung pilihannya.

Raisa yang saat itu, mengetahui jika dirinya akan turut berpartisipasi dalam PON PAPUA pada 2018. Saat itu sebelum PON ada BK PON di Jatinangor, Jawa Barat dan PORDA.

Raisa menjelaskan detik-detik saat ia mendapatkan medali emas. "Setelah hone atau peluit wasit terakhir ditiup usai akhir pertandingan. Saya lemas sekujur tubuh dan langsung sujud bersyukur kepada Allah 'akhirnya yang saya nanti-nantikan dan impikan terwujud.' Lelah capek stres saya tergantikan oleh kemenangan pada final kemarin melawan DKI Jakarta," ujarnya.

Bagi kamu yang ingin menjadi atlet hockey, Raisa berbagi pesannya. Menurutnya kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan.

"Kesempatan itu datang berkali-kali, tapi bagaimana kita menggunakan kesempatan itu sebaik mungkin. Maka dari itu jangan hilangkan kesempatan itu dengan mudah. Butuh kerja keras dan mental yang kuat untuk mendapatkan kesempatan itu," kata Raisa.