Duo Lasqhar : "Ahli Mekanik Bukan Hanya Pekerjaan Pria"

Rajae dan Nailae Lasqhar Rajae dan Nailae Lasqhar ( Foto : Mvslim.com )

Muslimahdaily - Jika kebanyakan dari kita mungkin memiliki ketertarikan pada memasak atau mungkin olahraga, dua wanita asal Morocco ini memiliki ketertarikan yang jarang dimiliki oleh wanita umumnya.

Rajae dan Nailae Lasqhar membongkar stereotip dengan memiliki ketertarikan pada bidang otomotif dan memilki mimpi untuk menjadi ahli mesin atau mekanik. Kakak beradik ini bahkan tetap terlihat modis menggunakan seragam mekanik yang berupa baju jumpsuit yang penuh dengan oli.

"Saya memilih mekanik untuk mendobrak hambatan yang diberlakukan pada wanita di bidang ini, bidang yang dimonopoli oleh laki-laki," Najlae Lashqar dikutip dari laman moroccoworldnews.

Tak hanya sekadar berharap untuk mewujudkan impiannya, kedua kakak beradik ini juga ingin mematahkan anggapan adanya lapangan-lapangan pekerjaan yang dimonopoli oleh kaum pria. Rajae dan Nailae yang sedang menjalankan studinya ini sedih dengan kenyataan bahwa hanya mereka berdualah yang berjenis kelamin wanita di kelasnya.

“Ini adalah tahun kedua kami belajar mekanika. Di keluarga, kami memiliki 11 saudara dengan tujuh anak laki-laki. Kami magang sepanjang minggu. Kami sangat dekat dan kami melakukan hampir segala sesuatu bersama-sama,” ujar Najlae mengungkapkan aktivitasnya bersama sang kakak, dikutip dari video USAID via youtube.

Seusai studinya, mereka bermimpi mempunyai bengkel sendiri. Bengkel tersebut akan dinamani ‘Princess Auto; by Women for Women’. Mereka ingin para wanita bisa mengantarkan mobilnya sendiri ke bengkel untuk diperbaiki tanpa harus ditemani oleh pria.

“Saya ingin mewarnainya (Princess Auto) dengan cat mawar dan desain feminin sehingga para wanita yang memiliki mobil tidak perlu meminta kakaknya untuk membawa ke bengkel untuk mencuci atau memperbaikinya,” ujar Najlae.

Mimpi mereka ini pun didukung oleh fondasi ‘Let Girls Learn’ yang juga berusaha menjadikan kaum wanita lebih kompetitif di dunia karir. Hingga saat ini Morocco telah dikenal memiliki usaha yang besar untuk memperjuangkan keseimbangan akses untuk kedua gender dalam memperoleh edukasi.

Lets Girls Learn Foundation itu sendiri merupakan sebuah gerakan mendukung pendidikan bagi wanita di seluruh dunia yang diprakarsai First Lady AS, Michelle Obama. Sedikitnya sudah ada 62 juta anak perempuan di seluruh dunia yang diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Dua bersaudara Lashqar pun menjadi salah dua wanita muda yang mendapat kesempatan tersebut.

Kakak beradik Lasqhar ini tidak hanya berusaha mewujudukan impiannya, mereka juga ingin menunjukan pada dunia bahwa wanita muslim tidak tertekan dan dirampas impiannya dan bahwa setiap wanita muslim diberikan kesempatan untuk mengejar impiannya, bahkan pada bidang yang juga digeluti oleh kaum pria.

Para muslimah ditinggikan derajatnya dalam Islam. Disebutkan dalam khutbah terakhir Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa wanita harus diperlakukan dengan hormat. Selama hidupnya, wanita harus selalu didorong untuk mengedukasi diri dan mengejar mimpinya. Pada Al-Quran juga terdapat Surah Annisa, yang didedikasikan untuk para muslimah.

Last modified on Senin, 15 Agustus 2016 13:27

Leave a Comment