Wirda Salamah Ulya, Hafizoh Muda yang Menginspirasi

Muslimahdaily - Wirda Salamah Ulya, putri sulung dari Ustadz Yusuf Mansur ini sudah memiliki kecintaan yang sangat besar Kepada Allah, diusianya yang masih terhitung belia, remaja cantik ini telah berhasil menghafal 30 Juz Al – Qur’an. Selain fokus sekolah Wirda juga sering menemani sang ayah berdakwah, Kadang Wirda sebagai pembaca AL – Qur’an atau penceramah.

Saat interview dengan Muslimahdaily beberapa waktu lalu, Wirda mengaku sangat prihatin dengan generasi muda, yang rasanya kini jauh dari Al Qur`an.

“Faktor utama dari segalanya tentu saja lingkungan ya. Sekarang mah weh, di sodorin Al-Qur'an langsung pada teler semua hehe. Di tambah kan, pergaulan makin gak karuan. Wah, asli jahat banget sekarang mah. Saya rasa, yang menyebabkan remaja-remaja Muslim khususnya di Indonesia sendiri, makin jauh sama Qur'an ya karena lingkungan & temannya sendiri pun gak mendukung. Kaya... Apa ya... Sedikit demi sedikit moral nya di kikis. Miris memang, tapi ada baiknya saling mendoakan saja” ujar Wirda 

Menurut Wirda, setiap muslim seharusnya membaca dan mempelajari Al Qur`an tak peduli berapa pun usianya. “Allah tidak pernah mengatakan Al-Qur'an diperuntukkan untuk beberapa orang dengan batas umur sekian sekian & sekian. Gak pernah. Di Qur'an, tepatnya di surah Al-Qamar. Beberapa kali Allah berfirman, "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" Artinya, Al-Qur'an tidak memandang orang dengan usianya. Ini mencakup semuanya.  

Kenapa kita, sebagai Muslim wajib hukumnya mempelajari & membaca Al-Qur'an. Karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup kita. Lah, kalo kita gak pernah baca, gak pernah mengkaji, maka ... Siapa pedoman hidup kita? Apa jawaban kita nanti saat ditanya oleh Malaikat Munkar & Nakir di kubur ketika mereka melontarkan pertanyaan, "Apa kitab mu?" Mau jawab Al-Qur'an? Gak mungkin. Orang selama di dunia aja gak pernah baca Qur'an kok gimana mau jawab hehehe...” jawabnya.

“Yah intinya mah wajib lah ya. Banyak orang yang keliru, karena jarang membuka Qur'an. Banyak yang berselisih, karena jarang membuka Qur'an . Qur'an itu indah banget kalo di dalamin & dipelajari jauh lebih luas lagi. Subhanallah..” tambahnya.

Perjalanan Wirda hingga kini bisa menjadi hafizhoh pun bukan hal yang mudah. Dia mengaku sudah mencoba 1001 cara untuk menghafal Al Qur`an sampai sang ayah memberinya wejangan yang membuatnya mampu menghafal seperti sekarang ini.

“Ini yang papah ajarkan ke Saya. Jadi, 1 ayat di ulang sebanyak 60x. Terus aja sampai selesai 1 halaman. Dan memang ya, kunci menghafal Qur'an itu ada di pengulangan. Dan ini tentu saja bisa di lakukan secara otodidak. Mau dimanapun tempatnya. Di sekolah kek, rumah sendiri kek, gak perlu nyantren juga gak apa apa hehe. Tapi... Inget, yang namanya kesabaran tetep ada. Harus sabar... Sabaaarr banget.

Qur'an itu demi Allah susah banget buat di jaga kalo udah ngafal. Tapi balik ke diri sendiri sih ya hehe.. Saya yakin sahabat-sahabat semua pasti bisa & lebih hebat” ujarnya mantap.

Kesulitan terbesar dalam menghafal Al Qur`an pun diakuinya sangat banyak. “Ya salah satunya harus bisa menghadapi badmood yang amat sangat. Harus belajar sabar. Harus belajar tegar. Harus belajar bahwa gak ada yang mustahil asal kita bekerja keras, berusaha, melakukan semaksimal mungkin, atas izin Allah. Kendala nya juga buuuaanyak (bukan banyak lagi ya haha) ya ada aja gitu perasaan tergiur akan kehidupan dunia luar. Kok kayaknya enak ya liat remaja-remaja yang umurnya sebaya udah hangout bareng teman-temannya di Mall. Bebas mau ngapain aja.. Beginilah begitulah. Tapi ya ... Pilihan balik kepada masing-masing orang.

Mending terkekang di dunia tapi dalam kemuliaan. Daripada bebas di dunia tapi di dalam kesengsaraan. Lha iya, berbuat baik aja belum tentu masuk surga. Nah, makannya kita (termasuk Saya) wajib mengumpulkan poin-poin kebaikan. Salah satunya, ya dengan menghafalkan Qur'an. Hehe..” pungkasnya.

Selain kepuasan batin, Wirda mengaku bangga bisa menghafal Al Qur`an karena bisa membuat orangtuanya bangga. menurutnya tidak ada yang bisa mengalahkan kebahagian orangtua yang memiliki anak seorang penghafal Al Qur`an. Remaja cantik ini pun memiliki niat yang mulia ingin membangun sekolah khusus Al Qur`an, Ketika ditanya mengapa, dia menjawab “Karena kalo di liat-liat, di Indonesia sendiri masih kurang banget ilmu Qur'an nya. Ya banyak sih, banyak tapi banyak juga yang gak keliatan & gak terjangkau. Hehe... Aamiin dah doain aja ya..” 

Wirda juga memiliki pesan nih buat kamu dan remaja muslimah lainnya di Indonesia. “Saya berharap besar. Khususnya buat remaja-remaja muslim Indonesia. Tolong daahh.. Di jaga Qur'an nya. Ampun ampunan sekarang mah. Gak tau nih 5 Tahun kedepan seperti apa.. Mungkin bakal lebih parah. Tapi kalo Qur'an ada di hati. Nanti Qur'an yang melindungi kita dari pengaruh buruk apapun. Insya Allah :) banyak ilmu yang bisa di petik dari Al-Qur'an. Sebab tuh ilmu, beda. Allah langsung yang ngajarin. Keren gak tuh? Hehe... Insya Allah dah bakal lahir lebih banyak lagi hafidz di Indonesia. Aamiin ya Rabbal 'aalamiinn...”

 

Last modified on Kamis, 04 Jun 2015 16:04

Leave a Comment