Koleksi Hijab untuk Barbie Mulai Dijual di Pasaran

Hijab untuk barbie Hijab untuk barbie ( Foto : Irishnews.com )

Muslimahdaily - Koleksi hijab mungil yang diperuntukkan untuk Barbie akan mulai beredar dan dijual di Amerika. Ialah Gisele Fetterman, seorang ib yang mengidekan hal tersebut.

Diceritakan Gisele awalnya ia kesulitan mencari kacamata untuk Barbie sesuai permintaan anaknya. Kemudian dia tersadar bahwa tak semua wanita terwakili oleh boneka Barbie walau sudah banyak busana yang tersedia. Akhirnya terpikir olehnya untuk membuat koleksi hijab untuk Barbie.

Insprirasinya membuat hijab mungil bernama Hello Hijab ini adalah agar anak-anak merasa familiar dengan perbedaan yang terjadi di luar sana. "Agar anak merasa familiar bahwa mereka akan bertemu dengan orang-orang yang berpenampilan berbeda dengan mereka, mempercayai keyakinan yang berbeda, namun tetap layak mendapatkan kebaikan dan kehormatan seperti orang lain," ucapnya seperti dilansir dari The Irish News (19/3).

Gisele kemudian mengajak rekannya Safaa Bokhari dan Kristen Michaels mewujudkan ide tersebut. Ketiganya memang mempunyai anak perempuan. Bokhari yang juga seorang muslimah sering mendapat diskriminasi kala tinggal di Pittsburgh, Pennsylvania pun akhirnya setuju melahirkan Hello Hijab. 

"Orang sering takut terhadap apa yang mereka tidak tahu," ucap Bokhari. "Jika anak-anak bermain dengan hijab mungil, mereka akan nengerti dan berhenti memperlakukan wanita berhijab dengan buruk."

Pembuatan Hello Hijab diyakini bukan sebagai bentuk mempromosikan suatu agama. Namun hanya untuk mendorong rasa toleransi. Khususnya kepada anak-anak agar mereka mengerti hal tersebut sejak dini. Gisele yang seorang non muslim mengaku sangat berhati-hati dan telah berdiskusi dengan teman muslimnya terlebih dahulu.

"Jika anak-anak melihat boneka memaki hijab, ketika mereka meilhat seorang wanita berhijab di jalan pertama kali, mereka tidak akan menganggap wanita tersebut sebagai orang aneh atau orang yang buruk," harapnya. 

Hello Hijab akan mulai dijual di Amerika pada 1 April mendatang seharga $6 dollar atau sekitar Rp. 81 ribu. Hello Hijab merupakan projek pertama dari For Good, sebuah lembaga nirlaba  yang membantu kelompok atau individu  untuk berbuat baik di lingkungan mereka. 

Sementara itu, 100% dari hasil penjualan akan disumbangkan ke empat organisasi yaitu Islamic Centre of Pittsburgh, Community Blueprint, ACLU of Pittsburgh dan Jewish Family & Children’s Services of Pittsburgh.

Leave a Comment