Pelukis Ini Angkat Cerita Pengungsi Muslim ke Atas Kanvas

Othmane Taleb, mengangkat penderitaan pengungsi Othmane Taleb, mengangkat penderitaan pengungsi ( Foto : Middle East Eye)

Muslimahdaily - Bagi seorang seniman, tak ada batas untuk menjadikan sesuatu sebagai inspirasi karya mereka. Jika banyak penikmati seni lukis yang bertemakan keindahan alam dan makhluk Tuhan, maka cukup berbeda dengan karya yang satu ini. Othmane Taleb, seorang pelukis kelahiran Tunisia memberikan lukisan yang berbeda, emosi para pengungsi di muslim di Eropa.

Sekilas tak ada yang menarik dari karya-karya Taleb yang berjudul The Angelus ini. Hanya kanvas putih dengan sketsa tipis di dalamnya. Tapi jangan salah, ketika melihat lebih detail dan dekat, lukisan ini justru akan membuat siapa pun ikut hanyut dalam emosi yang disampaikannya. 

Taleb adalah seorang pelukis yang kini tengah banyak melukiskan wajah-wajah para pengungsi. Taleb melukis kisah pengungsi tersebut berdasarkan foto-foto jurnalistik yang ia lihat di berbagai media massa.

"Ketika aku menuangkan gambar dari foto-foto para jurnalis, aku tak ingin membuatnya lebih lembut atau bahkan mendramatisasinya. Aku ingin membuat gambar ini benar-benar sangat mirip dengan aslinya agar semua orang bisa merasakan apa yang mereka rasakan," ungkap Taleb dilansir Middle East Eye.

Pria berusia 38 tahun tersebut mengatakan jika kejadian yang dialami para pengungsi tersebut adalah tragedi kemanusiaan yang bersifat universal sehingga semua orang bisa merasakan emosinya. Selain itu, ia pun pernah berada di posisi yang serupa saat warga Tunisia berbondong-bondong keluar setelah revolusi. Saat itu, banyak yang meninggal di perjalanan dan ia harus menyaksikannya.

Karya yang tak biasa ini laris di luar negeri. Selain dipajang di sebuah museum seni di Tunisia, banyak orang asing yang tertarik untuk membelinya. Taleb sangat bersyukur karena ia bisa menyampaikan lebih dalam emosi pengungsi muslim lewat apa yang ia kerjakan.

Last modified on Kamis, 27 April 2017 07:00

Leave a Comment