Keren, Ada Masjid Portable di Bandung!

Masjid Portable Masjid Portable Foto : merdeka.com

 

Muslimahdaily - Istilah masjid bergerak banyak dipakai di Arab Saudi dimana otoritas setempat menyediakan mobil khusus yang didesain seperti masjid atau mushalla yang akan mendatangi tempat keramaian. Tujuannya adalah agar orang-orang tak sampai meninggalkan shalat meski tengah sibuk beraktifitas. Istilahnya jemput bola; menjemput orang-orang yang mau shalat.

Selain di Arab Saudi, Rusia juga memiliki Masjid berjalan dengan tujuan yang sama. Namun tahukah kamu jika Indonesia juga punya masjid yang seperti itu?
Ya, tepatnya di Bandung ada sebuah masjid mobile atau masjid portable yang beroperasi!

Disebut masjid portable lantaran keberadaan dan bentuk masjid ini bisa disesuaikan. Masjid itu menyesuaikan di mana tempat keramaian itu hadir. Seperangkat alat salat serta sarana pendukung juga terdapat di masjid ini; mulai dari sajadah, mukena, sarung, keran wudlu, bahkan sandal capit, ada di dalam mobil untuk memudahkan orang-oang untuk shalat.

Perlu waktu sekitar 30 menit untuk ‘membangun’ area masjid dadakan di lokasi keramaian. Mengusung konsep outdoor, masjid portable Bandung ini mampu menampung hingga 70 orang jamaah. Layaknya masjid sungguhan, ada juga loh imam dan dukungan soundsystem seperti yang ada di masjid pada umumnya. Keren!

Lantaran tempatnya fleksibel, pengelola masjid pun menggunakan kompas untuk menentukan arah kiblat sebelum shalat.

"Berangkat dari keresahan orang yang susah melaksanakan salat di tempat keramaian, pendiri (Sobirin) akhirnya menghadirkan inovasi ini," kata Program Yayasan Masjid Nusantara, Hilman Abdurahman, di Sabuga Bandung, Jumat (26/6/2015), seperti dikutip dari laman merdeka.com.

Masjid Portable ini hadir berkat kerja sama Yayasan Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara. Masjid ini disebut sebagai masjid portable yang pertama di Indonesia.

"Ini yang pertama di Indonesia, dan ada di Bandung," ujar Hilman.

Sejak kali pertama di luncurkan Selasa, 16 Juni 2015 lalu, masjid unik ini mendapatkan respon baik dari masyarakat luas. Mereka yang resah karena keberadaan masjid sulit dijangkau kini merasa terbantu.

"Responnya baik sekali, karena ini memang menjadi kebutuhan orang muslim yang sulit menjalankan salat, sejak dua hari sebelum puasa di launching keberadaannya terus dipenuhi orang yang mau salat," katanya.

Kedepannya jika ada event-event besar, bahkan ketika pertandingan sepak bola seperti Persib Bandung digelar di stadion, layanan 'jemput bola' masjid mobile ini akan hadir.

"Nanti pertandingan Persib kami akan datang ke Stadion. Ini juga solusi untuk di tempat bencana. Kemarin longsor di Pangalengan kami ada di sana. Dan Alhamdulillah relawan jadi bisa salat," ungkapnya.

Lantaran respon baik terus hadir setiap harinya, dia sedang mengupayakan untuk menambah jumlah 'masjid jalan-jalan' ini.

"Kita usahakan nambah dua sampai tiga masjid mobile. Semoga ada donatur yang tertarik," tambahnya.

Nah, buat kamu yang di Bandung jika ada ketemu dengan masjid portable, jangan sungkan untuk beribadah di dalamnya ya! Jangan jadikan keramaian, dan akses yang sulit menjadi alasan untuk tidak shalat. Salut untuk kreasi anak bangsa ini!

Leave a Comment