×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12351

Wuquf di Arafah : Menag Mengajak Untuk Menjaga Persaudaraan

Suasana wukuf di padang Arafah Suasana wukuf di padang Arafah ( Foto : Facebook.com/life.in.saudiarabia )

Muslimahdaily - Pada hari kamis (31/8) atau tepatnya 9 Dzulhijjah 1438H dimulainya pelaksanan wuquf di padang Arafah yang merupakan rangkaian rukun atau puncak ibadah Haji. Dikutip dari laman facebook life in Saudi Arabia ada 221.000 jamaah haji dari Indonesia yang melaksanakan haji, itu pertanda jamaah Indonesia merupakan jamaah terbanyak dari Negara lain.

Ibadah wukuf adalah berdiam diri di Padang Arafah mulai selepas shalat zuhur hingga magrib. Hal yang dilakukan para jutaan jemaah dari seluruh dunia ialah berdiam di tenda-tenda untuk memperbanyak zikir dan doa. Dalam suhu 43 derajat celcius di dalam tenda para jemaah menyimak sambutan dari mentri Agama RI sekaligus Amirul Hajj 2017, Lukman Hakim Saifuddin.

Ia menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada para petugas haji Indonesia telah berkontribusi luar biasa sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sampai saat ini berjalan lancar dan baik. Setelah itu Lukman juga mengingatkan apa itu makna haji.

“Haji adalah arafah. Ini lah tempat kita untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas keduniawian untuk melakukan instrospeksi diri untuk lebih mengenali diri.” Ungkapnya dikutip laman resmi kementrian agama.

Dalam sambutannya tersebut, menteri Agama tak lupa menyerukan pentingnya kepedulian sosial dan Islam yang menebarkan kedamaian.

“Rasulullah berpesan kita untuk merawat persaudaraan. Janganlah sesama kita saling menumpahkan darah, saling merampas harta sesama. Harapannya sesama manusia saling memberikan perdamaian. Persaudaraan adalah sesuatu yang mendasar yang oleh Rasulullah dijadikan indikator kemabruran . Menebarkan kedamaian Itu esensi ajaran Islam. Menjadi tugas muslim untuk senantiasa mewujudkannya di lingkungan masing-masing. ”

Selain itu juga Lukman mengajak para jemaah untuk saling mendoakan agar sesama muslim tetap bersatu.

“Mengajak kita semua untuk mendoakan, selain untuk diri, juga untuk seluruh jemaah haji agar mereka bisa melaksanakan seluruh manasik haji dan mencapai kemabruran. Doa dari seluruh tamu Allah untuk mendoakan saudara kita yang di Tanah Air dan di manapun di bumi ini untuk mampu meningkatkan kesejahteraan, kepedulian sosial, dan mampu menjaga persaudaraan sesama manusia. Setajam apapun perbedaan di antara kita, jangan sampai mengoyak sisi kemanusiaan kita karena kita diikat persaudaraan sesama manusia.”

Leave a Comment