Alihuda.com Penyedia Konten Video Anak Islami

Alihuda.com Alihuda.com (Foto : Launchgood.com)

Muslimahdaily - Kemudahan mengakses internet tak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Tak dapat dipungkiri, kemudahan mengakses internet oleh anak-anak juga dibarengi dengan kekhawatiran orangtua tentang konten yang disajikan kepada anak. Anak sendiri belum mengerti mana yang baik dan buruk bagi dirinya. Belum lagi iklan yang sering muncul memuat beberapa isi yang belum pas bagi anak. Jika ada konten yang cukup aman bagi anak, belum tentu hal tersebut dapat mendidik anak.

Kalau sudah begitu, maka orangtualah yang berperan paling penting dalam hal ini. Kendali orangtua jadi satu-satunya jalan keluar. Mau tak mau ayah dan bunda harus selalu memantau apa yang menjadi tontonan anak. Namun nyatanya, tak semua orangtua mampu meluangkan waktunya untuk ikut serta bermain bersama dengan anak dan gadgetnya.

Mengatasi kekahwatiran orangtua, AliHuda.com hadir dengan video yang dapat menghibur anak. Fungsinya tak sebatas sebagai penghibur, AliHuda juga jadi salah satu sarana untuk membawa nilai-nilai Islam, moral, sejarah, bahasa Arab dan Al-Qur’an untuk anak usia 6-12 tahun. Dengan ratusan video yang disediakan, ayah dan bunda tak perlu lagi takut sang anak terpapar dengan hal negatif.

Ide pembuatan AliHuda sendiri terinspirasi dari pengalaman sang CEO, Maruf Yusupov. Sebagai seorang ayah dengan tiga anak, ia merasakan sendiri kegundahan akibat anak yang kecanduan gadget. Kurangnya kualitas konten moral, iklan yang menggangu, dan biaya yang perlu dikeluarkan olehnya jadi alasan utama ia mulai mengembangkan AliHuda.

Melalui cerita Maruf, platfrom buatannya ini punya sejarah yang cukup panjang. Ide mengenai AliHuda sudah lama terpikirkan oleh Maruf. Tahu bahwa hal tersebut butuh banyak tenaga, Maruf mulai mengumpulkan tim. Ribuan jam dan jutaan uang telah ia keluarkan hingga akhirnya pada Juni 2017 timnya mulai melakukan LaunchGood. Tujuannya adalah untuk menghimpun dana tambahan yang dibutuhkan melalui kontribusi pendukung dan pre-order.

"Dalam 3 sampai 6 bulan ke depan ini akan sangat menarik bagi kami," kata Maruf dilansir dari laman aboutislam (04/10).

"Yang terpenting, kita penasaran bagaimana pasar akan menerima produk dan bagaimana kita akan bergerak maju,” tambahnya.

Memang banyak platform dengan sajian yang sama. Namun yang membuat AliHuda berbeda menurut Maruf adalah konten dan distribusi yang lebih luas. "Ada beberapa perusahaan yang mencoba membuat game dan film dan segalanya sekaligus: mereka hanya produsen. Selain itu, isinya sangat terbatas."

Kini, AliHuda sudah resmi diluncurkan sejak tanggal 1 Agustus 2017. Dengan slogan “Netflix for Muslim Kids”, AliHuda menyajikan berbagai konten bermanfaat bagi anak seperti Salman and Aisha’s Adventure, Quran 4 Kids, Oman Zhikir Practice, dan Madrasah Tv. Dengan sistem tunjangan per bulan, AliHuda mewarkan beberapa pilihan paket. Penghasilan ini nantinya juga akan didonasikan untuk anak-anak di India, Pakistan, Malaysia, Indonesia, Afghanistan, Suriah, dan anak-anak membutuhkan lainnya.

 

Last modified on Rabu, 22 November 2017 09:23

Leave a Comment