So Sweet! Pengantin Muslim Turki ini rayakan Pernikahan Dengan Pengungsi Suriah!

So Sweet! Pengantin Muslim Turki ini rayakan Pernikahan Dengan Pengungsi Suriah! Foto : telegraph.co.uk

Muslimahdaily - Di hari pernikahan, pasti kita semua mengharapkan adanya pesta besar dan mengundang teman, sanak keluarga dan tetangga. Dekorasi yang megah, makanan yang berlimpah dan hiburan biasanya mewarnai pesta pernikahan. Namun yang dilakukan pasangan muslim asal Turki ini sungguh sangat berbeda dan sangat menggetarkan hati.

Alih-alih menyelenggarakan pernikahan megah, pasangan Fethullah Üzümcüoğlu dan Esra Polat, yang menikah di provinsi dekat dengan perbatasan Turki – Suriah pada pekan lalu memutuskan untuk merayakan hari penting dalam hidup mereka dengan mengundang makan dan pesta 4.000 pengungsi Suriah di Kilis, Turki Selatan.

Ide pernikahan tak biasa pasangan itu berasal dari ayah sang mempelai pria, yaitu Ali Uzumcuoglu. Dia mengatakan kepada harian setempat, Serhat Kilis bahwa dirinya berharap orang lain bisa melakukan hal yang sama dan berbagi pesta pernikahan mereka dengan para saudari dan saudara mereka, orang-orang Suriah. 
"Kami berpikir bahwa pada hari yang bahagia semacam itu, kita mesti berbagi sukacita pernikahan dengan saudara dan saudari kita dari Suriah. Kami pikir ini hal terbaik yang dilakukan bersama Kimse Yok Mu yang bisa menyediakan sebuah truk. Insya Allah, hal ini akan mendorong orang lain melakukan hal yang sama dan memberikan makanan bagi saudari-saudara dari Suriah ini. Bagi kami, itu merupakan sebuah jamuan malam pernikahan yang menarik." ujar Ali seperti dikutip dari laman Kompas.

Sang ayah juga mengatakan, dia senang bahwa pasangan tersebut memulai kehidupan baru mereka "dengan tindakan tanpa pamrih". Makanan disajikan dalam sejumlah truk. Mereka yang menyediakan makanan itu kepada para pengungsi termasuk pasangan pengantin itu sendiri.

Sang pengantin perempuan, Polat, mengatakan kepada laman I100 Independent UK bahwa berbagi dengan pengunsi Suriah di hari pernikahannya merupakan sebuah pengalaman yang indah serta betapa bahagianya dia bisa berbagi makanan dengan mereka yang membutuhkan.

"Saya terkejut ketika Fethullah pertama kali bercerita tentang gagasan tersebut tetapi kemudian saya menerimanya. Itu sebuah pengalaman yang indah. Saya senang bahwa kami berkesempatan berbagi pesta pernikahan kami dengan orang-orang yang nyata membutuhkan," kata dia.

Pengantin pria, Uzumcuoglu, mengatakan merupakan perasaan yang luar biasa bisa membuat orang lain bahagia.

"Melihat kebahagiaan di mata anak-anak pengungsi Suriah tak ternilai harganya. Kami memulai perjalanan kami menuju kebahagiaan dengan membuat orang lain bahagia dan itu perasaan yang hebat," ujarnya. Sungguh perayaan pernikahan yang sangat manis, bukan!

Secara total, sekitar empat juta pengungsi Suriah telah melarikan diri dari negara mereka. Di Turki sendiri ada 2 juta pengungsi Suriah dan 4.000 diantaranya ada di kota Kilis.