Masjid di Inggris Adakan Kegiatan Dukungan Bagi Pengidap Autisme

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Aboutislam.net )

Muslimahdaily - Masjid Khadijah dan Islamic Center di Gloucester, Inggris, mengadakan kegiatan sesi dukungan untuk pengidap autisme pada akhir pekan lalu. Pada kegiatan tersebut pengidap autisme disambut dengan kehangatan dan diberikan terapi agar kondisinya lebih baik.

“Kegiatan ini akan membentuk hubungan kerja yang baik. Testimonial dari orang tua sangat positif dan sangat senang menjadi bagian kegiatan ini,” Ujar Nazreen Bibi selaku ketua Peterborough National Autistic Society, seperti dilansir dari Peterborough Today(15/04)

Landasan utama berlangsungnya acara ini adalah bahwa dalam ajaran islam, seorang muslim diperintahakan untuk membantu orang yang membutuhkan dan sakit.

Autism Spectrum Disorder (ASD) atau yang dikenal sebagai Autis, adalah sebuah kondisi gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi kemampuan berkomunikasi, interaksi dan prilaku pada anak.

Gejala autisme pada umumnya dapat dideteksi pada usia awal perkembangan anak, gejala yang muncul cenderung berbeda – beda. Dilansir dari laman aladokter.com gejala autisme dapat dikelompokan menjadi dua kategori utama.

Pertama, gangguan interaksi sosial dan komunikasi meliputi kepekaan terhadap lingkungan sosial dan gangguan bahasa verbal maupun non verbal.

Kedua, pola pikir, minat dan prilaku yang repatitif, misalnya mengetuk – ngetuk atau meremas tangan dan kesal bila rutinitasnya terganggu. Pengidap autisme kebanyakan memiliki masalah dalam belajar dan kondisi kejiawaan, seperti hiperaktif, gangguan kecemasan atau depresi.

Secara global diketahui pengidap autisme pada 2015 berjumlah 24,8 juta orang. Autisme lebih sering terjadi pada anak laki – laki dibanding perempuan.

 

Sumber : Aboutislam.net 

Last modified on Kamis, 19 April 2018 03:12

Leave a Comment