Syekh Mahmud Al Mishri akan Hadir di IBF 2018

Syeikh Mahmud Al-Mishri Syeikh Mahmud Al-Mishri

Muslimahdaily - Ulama sekaligus penulis internasional, Syekh Mahmud Al Mishri dikabarkan akan datang ke Indonesia untuk menghadiri Islamic Book Fair (IBF) 2018 yang dihelat di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan. Ulama asal Mesir tersebut dijadwalkan akan membedah karya bukunya yang terbit dalam versi Bahasa Indonesia, “Semua Ada Saatnya” pada Kamis (19/04/2018) pukul 12.30-14.00 WIB.

Di kalangan pecinta literasi Indonesia, nama Syekh Mahmud Al Misri tentu tak asing lagi. Ulama yang akrab dipanggil dengan Abu Ammar tersebut telah melahirkan ratusan karya dari beragam genre, dari buku agama hingga buku anak. Tak sedikit di antara karyanya yang telah diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia. Bahkan beberapa di antaranya menjadi buku bestseller di tanah air.

“Sudah dihubungi Penerbit Pustaka Al Kautsar, Insya Allah Syaikh Al Mishri akan datang,” ujar Ketua IBF M. Anis Baswedan dilansir Mi’raj News Agency (MINA).

Kehadiran Syekh Al Misri ke Indonesia memang berkat adanya undangan dari Penerbit Al Kautsar. Selama ini, penerbit tersebut lah yang senantiasa menerbitkan karya-karya sang da’i. Adapun buku yang hendak dibedah di acara IBF yakni karya Syekh yang berisi kumpulan kisah inspiratif tentang keimanan, kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Buku ‘Semua Ada Saatnya’ yang diterbitkan oleh Pustaka Al Kautsar dan diterjemahkan oleh dai fenomenal Ustadz Abdul Somad MA itu sampai saat ini terus mendapat antusias pembaca yang sangat luar biasa. Dalam hitungan bulan, buku ini sudah terjual puluhan ribu eksemplar dan masuk dalam kategori ‘National Best Seller’,” dilansir dari hidayatullah.com.

Syekh Mahmud Al Mishri merupakan dai internasional yang kerap menghadiri konferensi Islam di Amerika dan Eropa. Beberapa negara Barat pernah menjadi lokasi kunjungan safari dakwahnya. Di antaranya yakni Inggris, Belgia, Belanda, Italia, Perancis, dan masih banyak lagi.

Saat ini Syekh Al Mishri tinggal di Arab Saudi dan mendapat banyak ijazah ilmu Syariah. Beliau mendapat gelar Doktor Honouris Causa sebagai salah seorang dari tujuh tokoh berpengaruh di Timur Tengah. Sang ulama juga pernah mendapat penghargaan internasional di bidang Al Qur’an dari Libya dan Uni Emirat Arab.

Buku-buku sang syekh yang diterbitkan Al Kautsar di antaranya “Semua Ada Saatnya”, Rihlah Ilaa Daaril Akhirah (Tamasya ke Negeri Akhirat), dan Qashash Al-Qur’an li Al-Athfal (Kisah Istimewa Al-Qur’an untuk Anak).

Karya beliau yang lain di antaranya Syarh Riyadus Shalihin ( 7 jilid), Ashab Ar-Rasul (2 jilid), Qashash Al-Anbiyaa’, Sirah Ar-Rasul, Asrar Al-Fitan baina Ash-Shahabah, Qashash At-Tabi’in, Al-Fiqh Al-Muyassar li Al-Mar’ah Al-Muslimah, Syarh Al-Ahadits Al-Qudsiyah, Laa Tahzan wa Ibtasim li Al-Hayah, Rijaal laa Yansaahumu At-Tarikh, Nisaa’ Al-Anbiya’, Ahdats Nihayah Al-‘Alam, Mausu’ah Akhlaq As-Salaf, dan sebagainya.

“Kita bersyukur bisa menghadirkan ulama internasional, dengan harapan beliau bisa lebih mengenal Indonesia dan memberikan pencerahannya bagi kaum Muslimin di sini,” tutur Direktur Pustaka Al-Kautsar, Tohir Bawazir.
Pengisi Acara IBF 2018

Selain Syekh Al Mishri, sejumlah tokoh dan penulis juga dijadwalkan akan memeriahkan IBF 2018. Beberapa di antaranya yakni Habiburrahman El-Shirazy, Asma Nadia, Tere Liye, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Bachtiar Nasir, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Salim A Fillah, dan lainnya.

M. Anis Baswedan menuturkan, IBF tahun ini mengambil tema ‘Meraih Kejayaan Islam Melalui Literasi’. Tema tersebut diharapkan dapat memotivasi pengunjung untuk memajukan Islam melalui literasi. Pihaknya pun memastikan acara IBF tahun ini telah disiapkan secara matang.

“IBF 2018 sudah dipersiapkan, baik publikasinya, rangkaian acaranya, kepesertaan dan sebagainya. Dalam IBF kami juga menyediakan dua panggung, panggung utama dan panggung kids zone Familly (panggung untuk acara anak-anak). Kedua panggung itu selama pameran akan diisi dengan acara-acara yang telah disiapkan,” pungkasnya.

Dilansir web islamic-bookfair.com, jadwal IBF berlangsung sejak Rabu (18/4/2018) hingga Ahad (22/4/2018), dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam. Lokasi pameran buku tersebut ada di Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta.

Leave a Comment