Ibu Muslimah Ini Terima Penghargaan Kepemimpinan Wanita Global

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Dhakatribune.com )

Muslimahdaily - Muslimah juga mampu berprestasi di ranah internasional. Ialah Sheikh Hasina, Perdana Menteri Bangladesh, meraih penghargaan Kepemimpinan Wanita Global pada acara KTT Global Wanita (Global Summit of Women) di Sydney Australia, Jumat (27/4/2018).

Di ajang pertemuan internasional tahunan tersebut, PM Hasina menjadi tamu undangan kehormatan. Sebuah penghargaan prestasi seumur hidup didapatkannya saat jamuan makan malam di International Convention Centre Sydney. Para delegasi wanita menyambut kedatangannya dan kagum atas prestasinya.

Di awal acara, sebuah video singkat diputar menampilkan profil Hasina dan kontribusinya dalam pemberdayaan perempuan. Selama ini, Hashina memang dikenal sebagai penyeru hak pendidikan bagi wanita serta memfasilitasi kaum hawa untuk berwirausaha. Di Bangladesh, ia membuat beragam kebijakan tentang pemberdayaan tersebut.

Aksi pemberdayaan wanita yang dilakukan Hasina pun disorot publik. Beberapa negara mengikuti jejaknya. Ia pun menjadi tokoh penting di kawasan Asia.

Presiden KTT Global Wanita, Irene Natividad menyerahkan anugerah tersebut kepada sang perdana menteri. Menurutnya, penghargaan kepemimpinan wanita layak disandang Sheikh Hasina karena kepemimpinannya telah memajukan banyak wanita di negerinya maupun di kawasan Asia.

“Kepemimpinannya yang luar biasa dalam memajukan pendidikan wanita dan wirausaha wanita di Bangladesh, Asia, dan kawasan Asia-Pasifik,” demikian pembawa acara menyebutkan tentang peran Hasina, dikabarkan MINA.

Saat menerima penghargaan, Hasina pun memberikan pidato singkat. Ia menyoroti isu pemberdayaan perempuan di tengah arus pembangunan. Ia berharap adanya aliansi yang fokus mendukung jutaan wanita yang membutuhkan di seluruh dunia.

KTT Global Wanita merupakan acara internasional tahunan yang fokus pada isu gender. Pembahasan yang didiskusikan yakni tentang peran wanita dalam ekonomi global. Inilah ajang yang menghubungkan para tokoh perempuan dunia dan telah dilaksanakan rutin sejak 27 tahun silam.

Sebelum Hasina, penghargaan yang sama diberikan kepada tokoh-tokoh high profil internasional. Di antaranya yaitu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mendapat penghargaan tersebut tahun lalu, serta beberapa tokoh lain seperti mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon, mantan direktur UNESCO Irina Bokova, mantan Presiden Chili Michelle Bachelet, mantan Presiden Irlandia Mary Therese Winifred Robinson dan lain sebagainya.

Adapun Sheikh Hasina Wazed merupakan perdana menteri Bangladesh sejak tahun 2009. Karier politiknya telah lebih dari empat dekade. Sebelumnya, ia pernah menjabat perdana menteri di tahun 1996 hingga 2001. Lalu kembali menjabat di tahun 2009-2014, dan menjabat ketiga kalinya saat memenangkan pemilu 2014.

Tahun 2017, Forbes memasukkan namanya dalam daftar The World’s 100 Most Powerful Women di peringkat ke-30. Biografinya pula masuk dalam buku “Women Presidents and Prime Ministers” bersama 17 tokoh wanita lain di seluruh dunia.

Di dalam pemberdayaan wanita, Hasina mendukung penuh hak pendidikan anak perempuan. UNESCO bahkan pernah memberikan penghargaan Peace Tree Awards untuk komitmen Hasina dalam pemberdayaan dan pendidikan perempuan. Meski telah berusia 70 tahun, Sheikh Hasina terus mengambil peran baik di negerinya sendiri, maupun di ranah global.

Leave a Comment