Hormati Mahasiswa Muslim, Barnard College Buka Kantin Halal

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Aboutislam.net )

Muslimahdaily - Kabar menggembiraka datang dari Barnard College di New York pada bulan November 2018. Untuk memenuhi kebutuhan makanan siswa Muslim, pusat makanan halal akan dibuka di area kantin kampus setelah liburan Thanksgiving 2018.

Menurut Yeliz Sezgin, Perwakilan Asosiasi Pemerintahan Mahasiswa untuk Layanan Makanan dari Dewan Penasihat Makanan menjelaskan bahwa pihaknya merencanakan membuka pusat makanan halal yang baru di kampus agar mahasiswa Muslim tidak perlu lagi membeli makanan dari luar kampus.

Masalah ini sebenarny sudah menjadi isu lama di kalangan mahasiswa Muslim yang harus repot membeli di food truck atau di restoran halal yang agak jauh lokasinya dari kampus. Dengan adanya pusat makanan halal ini diharapkan ke depannya dapat meningkatkan fokus mahasiswa dalam belajar di lingkungan kampus Barnard College.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal, setiap produk daging yang digunakan harus halal. Hal ini juga berlaku untuk bahan – bahan lain yang akan dikonsumsi tidak boleh berbahaya bagi kesehatan. Sebagai contoh, rum, anggur, minuman beralkohol, dan lain – lain.

Agar bisa dianggap halal, hewan yang akan disembelih harus diternakkan dengan cara manusiawi dan sehat, selain itu wajib menyebut asma Allah sesuai syariah ketika akan disembelih.

Kehadiran pusat makanan halal ini merupakan terobosan yang terbaru bagi mahasiswa muslim di Barnard College dan Universitas Columbia. Sebelumnya, Barnard College telah berupaya mengatasi tantangan - tantangan yang dihadapi mahasiswa Muslim, termasuk ruang sholat yang tidak memadai dan terbatasnya makanan halal di kampus.

Satu-satunya kantin halal yang ada di kedua kampus adalah di John Jay Dining Hall di Columbia.

Saat ini, Barnard College mengharuskan semua mahasiswa untuk membeli dalam bentuk paket rencana makan, terlepas dari pola makan diet masing – masing mahasiswa.

Meskipun Barnard College menawarkan beberapa makanan halal, tidak ada area khusus untuk menempatkan makanan halal secara khusus agar terpisah dengan makanan non-halal. Selain itu, Barnard College juga kesulitan mendapatkan sertifikasi halal. Untuk itu, pihak kampus menyerahkan urusan ini kepada mahasiswa Muslim sendiri yang harus secara khusus meminta staf kantin menyediakan dan memberikan solusi untuk menu – menu halal.

Ke depannya, Barnard College akan terus berupaya untuk menyediakan nampan, piring atau peralatan terpisah untuk menghindari kontaminasi silang antara makanan halal dan non – halal. Sertifikasi halal juga akan segera diterbitkan untuk semua menu ditawarkan kantin.

Dewan Penasihat Makanan dan bagian kemahasiswaan Barnard College menyebutkan bahwa dengan menyediakan pilihan menu halal, setidaknya dapat menciptakan kenyamanan dan kepedulian terhadap mahasiswa dengan demografi yang berbeda (agama Islam).

Jika pihak kampus Barnard College dapat melayani kebutuhan mahasiswa yang beragam, hal ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Muslim saja, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa secara keseluruhan.

Last modified on Senin, 26 November 2018 05:25