Mengenal Ameena, Boneka Berhijab Saingan Barbie

Ameena, Boneka Berhijab Ameena, Boneka Berhijab ( Foto : Mvslim.com )

Muslimahdaily - Sejak kecil mungkin kebanyakan gadis cilik di seluruh dunia sudah mengenal sosok boneka yang memiliki kecantikan sempurna, Barbie. Boneka yang identik dengan rambut pirang terurai panjang, mata biru, tubuh langsing dan semampai serta berkepribadian baik hati.

Bahkan, penggemar Barbie di dunia nyata tidak hanya dari kalangan anak – anak. Tercatat ada beberapa wanita di dunia yang mengklaim dirinya sebagai boneka Barbie hidup dengan kecantikan nyaris sempurna.
Namun, secantik dan sesempurna apa pun Barbie, masih jauh dari kata sempurna menurut syariat umat Islam. Boneka yang diperkenalkan kepada anak – anak Islam harus menyesuaikan dengan kepribadian dan wajah Muslimah yang taat pada Al Quran.

Berangkat dari konsep itulah, beberapa ibu membuat boneka unik dengan mengenakan jilbab. Boneka yang memenangkan penghargaan tertinggi dalam dunia industri mainan ini menjadi patokan bagi pebisnis mainan lain untuk terus berinovasi.

Menurut Oppenheim Toy Portfolio seperti dilansir dari laman Gifts, mereka mengembangkan mainan boneka berhijab yang diberi nama Ameena untuk mengenalkan peran orang – orang dari berbagai bangsa di seluruh dunia.

Boneka Ameena dibuat dari kain yang memakai jilbab sebagai simbol identitas wanita Muslim. Ameena dirilis ke pasaran dengan sebuah buku kecil yang menceritakan tentang perbedaan dan persahabatan.

Koleksi boneka unik lainnya

Rupanya boneka Ameena tak sendiri. Dua boneka lain yang unik turut diciptakan oleh dua orang ibu rumah tangga kreatif, Valerie Alva-Ruiz dan Courtney Stillwagon. Mereka membuat sebuah proyek boneka yang bisa mengenalkan anak – anak tentang perbedaan antar ras, budaya, dan agama.

Selain Ameena, ada boneka Annie yang mewakili boneka untuk anak – anak berkebutuhan khusus seperti Down Syndrome. Annie memakai gaun biru bermotif kuning yang menjadi simbol kesadaran pada Down Syndrome.
Sementara itu, ada juga boneka Lola yang mewakili gadis Meksiko – Amerika. Ia digambarkan sebagai gadis berkulit cokelat yang senang mengajari teman – temannya bahasa Spanyol. Ketiga boneka ini menyabet penghargaan produk favorit versi Tillywig Parents dan NAPPA (National Parenting Products Award ) 2018.

Lewat berbagai bentuk boneka ini diharapkan anak – anak akan lebih mudah memahami keindahan yang tersembunyi di balik perbedaan antar bangsa.

Last modified on Kamis, 13 Desember 2018 06:04

Leave a Comment