Pecinta Hujan, Ini Dia Fakta Menarik Seputar Hujan

By January 22, 2019 174 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Hujan selalu menjadi keberkahan tersendiri bagi umat Muslim. Bahkan, menurut Hadits Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’d, beliau bersabda, yang maknanya,” “Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.”

Hujan terlihat sangat indah ketika turun membasahi bumi. Tetapi, dibalik itu terdapat juga beberapa fakta – fakta menarik seputar hujan yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya:

1.Tempat yang tidak pernah hujan di bumi adalah di gurun pasir

Meski tertutup es, namun ternyata Antartika hanya mendapat sekitar 6,5 inci hujan atau salju per tahun. Menjadikannya benua dengan curah hujan tahunan terendah di dunia.

Sementara itu, di Lloro, Kolombia, hanya mendapatkan sekitar 500 inci curah hujan per tahun. Dan Amerika Utara yang tandus, mengumpulkan 256 inci hujan per tahun.

2.Hujan tidak selalu membuat tanah basah

Fakta lain yang mengejutkan, hujan ternyata juga tidak selalu membuat tanah basah. Hal ini terjadi terutama di tempat kering dan panas. Hujan inilah yang disebut sebagai “phantom rain/ hujan hantu”. Awan mendung yang menggantung di langit, seketika menguap sebelum menyentuh tanah.

3.Tidak semua tetesan air hujan terbuat dari air

Di planet lain, seperti Venus, hujan terbuat dari asam sulfat atau metana. Yang paling menarik, di sebuah planet yang berjarak 5.000 tahun cahaya, para ilmuwan menemukan tetesan hujan yang terbuat dari besi dan bukan air.

4.Bentuk dan warna awan dapat membantu Anda memprediksi hujan

Secara umum, jika Anda melihat awan cumulonimbus (awan tinggi yang terlihat rata di atas), atau awan nimbostratus (awan abu-abu yang datar), Anda dapat yakin bahwa hujan akan turun dalam 24 jam.

5.Ada alasan mengapa Anda menyukai aroma hujan

Air tidak berbau seperti halnya air murni, jadi mengapa hujan bisa menghasilkan aroma yang menyenangkan setelah jatuh ke tanah? Ya, itu karena sebuah molekul, yang disebut geosmin, diciptakan oleh bakteri penghuni tanah.

Ketika hujan turun, bakteri ini menciptakan kantong udara, yang mengandung sejumlah kecil geosmin. Hujan terperangkap dan kemudian melepaskan kantong udara ini, menyebarkan geosmin ke udara, dan dihirup oleh indera penciuman manusia. Aroma hujan bahkan memiliki nama: "Petrichor."

6.Hujan adalah uang

Di negara Afrika Botswana, mata uangnya adalah botswanan pula. Kata "pula," juga berarti "hujan," dan penggunaannya sebagai nama mata uang utama menunjukkan betapa jarang dan berharganya hujan di negara sub-Sahara ini.

7.Bisa menjadi fosil

Para ilmuwan telah menemukan fosil yang mengandung lekukan air hujan sejak 2,7 miliar tahun lalu. Menurut Scientific American, hujan air awalnya jatuh pada lapisan abu dari letusan gunung berapi.

Karena semakin banyak abu yang jatuh, sehingga terbentuklah kawah mini dari tetes hujan. Menariknya, erosi yang diciptakan oleh hujan ini menjadi tujuan penelitian utama di abad modern.

Apalagi fakta – fakta unik tentang hujan, yang Anda ketahui? Jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar ya..

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama