Channel Hobbymakan.id: Review Makanan, Traktir Orang, dan Promosikan Pedagang Kecil

By February 5, 2019 710 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Berawal dengan niat positif ingin mengangkat jajanan dan kuliner lokal di Pontianak, Kalimantan Barat, Evan pemilik akun instagram @hobbymakan.id mulai memberanikan diri membangun channel Youtube Hobbymakan pada September 2017.

Di tengah gencarnya serbuan influencer dan endorser hingga food blogger atau food vlogger di dunia maya, dirinya merasa terusik ketika masih banyak pedagang kecil yang sangat membutuhkan promosi justru terabaikan dan terlupakan.

Seharusnya, pedagang pinggiran yang perlu dibantu karena tujuan mereka mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Tak hanya itu, hobinya di bidang pemasaran membuat Evan tergerak untuk turut mempromosikan agar semakin viral di kalangan netizen.

Media Sosial Instagram Jadi Sarana Efektif Pemasaran

Masih banyak pedagang kuliner pinggiran yang sebenarnya sangat membutuhkan promosi bisnis tetapi tidak tahu bagaimana cara menggunakan media sosial. Untuk itulah, Evan berusaha mengajak subscribernya untuk ikut berpartisipasi mengangkat jajanan pinggir jalan yang kerap dipandang sebelah mata.

Rupanya, usahanya tidak sia – sia. Channel-nya mendapat sambutan luar biasa di kota – kota lain. Ia juga mendapatkan banyak endorse dari akun instagram yang sudah mencapai 27,5k followers.

Keunikan Logat Melayu Dan Sopan Santun

Berbeda dengan food vlogger lain yang sering mereview dengan mencicipi makanan dan sering meminta makanan secara gratis, Evan justru memborong dagangan pedagang – pedagang kecil ini untuk dibagi – bagikan kepada yang membutuhkan.

Evan sangat terkesan dengan karakter Rasulullah Shalallahu alaihi Wasalam yang menjadi teladan manusia tentang kedermawanan dan sopan santun.

“Rasulullah adalah orang yang paling baik, paling dermawan dan paling berani (HR. Ahmad)”

Karena itu, apabila ia menghasilkan uang dari Youtube, hasilnya akan dipakai untuk membeli makanan di pedagang kecil dan diberikan kepada orang yang membutuhkan alias “mentraktir” orang lain.

Evan juga mengaku ia harus percaya diri dalam menggunakan logat Melayu sebagai ciri khasnya. Sehingga audiens dan followersnya akan semakin tertarik belajar bahasa Melayu.

@Hobbymakan Mentraktir Orang dan Memberikan Sumbangsih ke Pedagang Kecil

Meski telah sukses meraup puluhan ribu followers, Evan mengakui bahwa perjalanannya sungguh tak mudah. Beberapa kali ia sempat ditolak oleh pedagang yang akan direview dengan alasan mereka tidak mau bumbu rahasia dapur mereka terekspose.

Namun, bukan @Hobbymakan namanya juga gampang menyerah. Ia menganut prinsip selama kita selalu berniat positif untuk membantu pedagang agar semakin terkenal, tentu akan mudah bekerja sama dengan para pedagang kecil.

Dirinya selalu bersyukur, rupanya niatnya yang positif menjadi pembuka pintu – pintu rejeki dari arah yang tak terduga. Kendati hobbymakan kerap mentraktir orang dan memborong makanan para pedagang kaki lima, ia mengakui rejekinya tak pernah berhenti mengalir.

Ia justru merasa senang bila dari hasil reviewnya, tingkat penjualan para pedagang kecil itu semakin laris karena viral.

Ke depannya, Evan berharap channel Hobbymakan akan terus memberikan manfaat bagi banyak pedagang kecil, serta menginspirasi Youtubers lainnya agar bisa mengambil sisi positif dari hobi wisata kuliner.

Terakhir, Evan memberikan sejumlah tips sukses jadi food vlogger. Antara lain harus percaya diri dan terus belajar untuk me-review agar jadi lebih terbiasa dan komunikatif.

Perbanyak tersenyum, rendah hati dan jangan lupa untuk upload rutin setiap hari serta rajin membalas komentar subscriber.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama