5 Tips Agar Konsisten Dalam Menabung

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menyisihkan pendapatan setiap bulan untuk ditabung merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menyisihkan tabungan, salah satunya adalah menolong diri sendiri ketika dihadapakan pada kebutuhan mendesak. Keuntungan lainnya dari menabung adalah untuk mempersiapkan keperluan di masa yang akan datang, misalnya pendidikan atau kesehatan.

Namun, terkadang terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam menysihkan pendapatan untuk ditabung. Kendala tersebut dapat berupa godaan untuk belanja, jalan-jalan, atau belanja keperluan mendadak.

Untuk kamu yang memiliki kesulitan untuk menabung, terdapat beberapa tips berikut ini yang dapat dilakukan agar tetap konsisten menabung :

1.Memiliki Rekening Khusus Tabungan

Beberapa perbankan di Indonesia menyediakan produk tabungan berencana, yaitu jenis tabungan yang hanya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu dan wajib setor setiap bulannya. Tabungan berencana juga tidak memiliki kartu debit maupun kredit sehingga nasabah tidak dengan mudah menarik tabungannya.

Tabungan berencana dapat menjadi salah satu solusi bagi yang merasa kesulitan dalam menabung. Dengan memiliki tabungan berencana yang setiap bulan diwajibkan untuk menyetorkan tabungan, maka sudah otomatis sudah ada anggaran yang dikhususkan untuk ditabung. Uang yang disimpan dalam tabungan berencana juga menjadi aman dari godaan-godaan untuk dibelanjakan.

2.Menyiapkan Budgeting Pengeluaran setiap Bulan

Menyiapkan budget pengeluaran setiap bulan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatur pengeluaran. Dengan mengatur pengeluaran kita dapat mempersiapkan budget berdasarkan skala prioritas, mulai dari yang terpenting hingga tidak terlalu penting.

Budgeting pengeluaran bulanan dapat dibuat berdasarkan kebutuhan bulanan primer, budget untuk kebutuhan sekunder, budget untuk bersenang-senang, budget untuk infak dan shadaqoh, dan jangan lupa budget untuk ditabung. Adanya budgeting pengeluaran juga membuat pengeluaran menjadi tertata dan meminimalisir pengeluaran yang over dari budget.

3.Menetapkan Goals

Tidak ada salahnya dengan membuat goals tabungan untuk meningkatkan semangat menabung. Goals yang ditetapkan dapat berupa jangka panjang maupun jangka pendek. Contoh untuk goals jangka pendek misalnya ingin membeli barang yang harganya cukup terjangkau, maka harus menabung dahulu untuk bisa membelinya. Atau misalnya jika sudah berhasil dalam suatu pencapaian target maka memperbolehkan diri sendiri untuk membeli suatu barang tertentu dengan uang hasil tabungan, asalkan masih terkontrol dan tidak berlebihan.

Untuk goals jangka panjang, misalnya ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri maka membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengurus segala persiapannya, untuk itu diperlukannya menabung.

4.Manabung dalam bentuk lain

Menabung tidak selalu dilakukan dengan menyimpan uang, namun juga dapat dilakukan dalam bentuk lain, misalnya investasi. Investasi tabungan dapat dilakukan dalam bentuk emas, logam mulia, ataupun reksadana.

Jika merasa kesulitan untuk menabung dalam bentuk uang, maka menabung dalam bentuk emas dan logam mulia dapat menjadi alternatif, begitupun dengan reksadana. Menabung dalam bentuk emas, logam mulia, maupun reksadana juga dapat memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah harga emas dan logam mulia yang tidak mudah anjlok dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

5.Meluruskan niat

Meluruskan niat untuk menabung dapat menjadi salah satu trik agar menabung lancar. Misalnya niat menanbung agar dapat memanfaatkan uang yang didapatkan untuk hal positif, maka insha Allah akan Allah bantu dalam proses menabungnya. Jika niat menabungnya untuk hal yang negatif maka akan Allah sulitkan proses menabungnya.

Salah satu cara meluruskan niat dalam menabung adalah menjauhkan tabungan dari godaan-godaan untuk belanja atau jalan-jalan. Dengan unfollow berbagai akun online shop dan uninstall e-commerce di gawai kamu juga jadi salah satu cara yang ampuh.

Last modified on Senin, 25 Februari 2019 14:46

Leave a Comment