Meninggal Sebelum Wisuda, Sang Ayah Gantikan Terima Ijazah

Ayah Rima Menerima Ijazah Sang Anak Ayah Rima Menerima Ijazah Sang Anak ( Foto : uin_arraniry_official/Instagram )

Muslimahdaily - Moment wisuda merupakan sebuah momen seorang anak dengan bangga ingin mempersembahkan kesuksesan untuk orangtuanya. Mengenakan pakaian toga adalah sebagai sebuah lambang keberhasilan usahanya dalam belajar.

Namun lain halnya dengan Rina Muharaami, mahasiswa program studi Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini memang sudah menyelesaikan studinya di kampus. Sang sarjana muda itu telah menjalani sidang skripsi pada 4 Februari 2019. Tepat beberapa hari setelahnya, perempuan yang tinggal di Aceh tersebut meninggal dunia dikarenakan sakit.

Alhasil, wisuda almarhumah tersebut digantikan oleh sang ayah, Rabu (27/2) di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam. Pada momen ini, terlihat sang ayah naik ke atas pentas untuk menerima ijazah almarhumah putrinya hanya dengan mengenakan kemeja abu-abu dan peci hitam. Sontak semua orang yang hadir pun memberikan tepuk tangan saat momen mengharukan tersebut. 

Dilansir dari akun instagram @uin_arraniry_official, video prosesi wisuda yang mengharukan itu telah disaksikan oleh ribuan orang.

View this post on Instagram

Ayah, anakmu wisuda.. • Momen paling mengharukan di acara wisuda hari kedua. Rina muharrami, mahasiswi Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry yang memyelesaikan sidang skripsi tanggal 24 januari 2019, beberap hari kemudian tanggal 5 februari rina sang sarjana muda berpulang kerahmatullah karena sakit. Wisuda adalah prosesi penyematan gelar sarjana, puncak pencapaian seseorang dalam menempuh pendidikan tinggi. Wisuda dan sarjana adalah anugerah kebanggaan bagi orang tua dari anak mereka. Orang tua berjuang dan berkorban demi kelanjutan pendidikan anaknya, sementara sang anak berjuang sepenuh hati segenap tenaga merengkuh cita-cita sarjana selayaknya harapan orang tua. Dan wisuda, sekali lagi adalah puncak pencapaiannya. Dimana anak dengan bangga mempersembahkan kesuksesan untuk orang tuanya, bersama menikmati kebahagiaan. Tapi tidak bagi ayah rina, beliau datang mewakili anaknya menjadi sarjana. • -------------- • Anakku, hari ini Ayah datang ke acara wisudamu bersama ayah-ayah temanmu yang lain. ayah yang lain datang untuk melihat anaknya jadi sarjana, sementara ayah datang untuk menggantikanmu mengambil tanda sarjana dari kampusmu, nak. Sebenarnya Kaki ayah tak lagi kuat, tapi ayah tegapkan langkah menaiki anak tangga untuk maju mengambil ijazahmu. Hari ini ayah berdiri di depan teman-temanmu. Ayah sedih nak, karena seharusnya kita ada disini bersama. Tetapi Ayah bangga padamu, kamu itu hebat dan mampu meraih impian yang besar. Dan kelak ayah akan menceritakan kepada warga di desa kita bahwa anak ayah seorang sarjana. Seketika terbayang di pelupuk mata engkau datang tersenyum sangat manis dengan baju wisuda yang sangat kau idam-idamkan itu. Kamu seakan membisikkan ditelinga ayah: Ayah, anakmu wisuda... • --------- • Alfatihah untuk rina #uin #wisuda #sarjanamuda #uinar #uinarraniry @kabaraceh @acehinfo @infobandaaceh @kampusuinid

A post shared by UIN AR-RANIRY BANDA ACEH (@uin_arraniry_official) on

"Anakku, hari ini Ayah datang ke acara wisudamu bersama ayah - ayah temanmu yang lain. Ayah yang lain datang untuk melihat anaknya jadi sarjana, sementara ayah datang untuk menggantikanmu tanda sarjana dari kampusmu, nak," tulis akun Instagram resmi UIN Ar-Raniry itu di keterangan video.

1 comment

  • Comment Link Alphaosc Alphaosc Senin, 24 Jun 2019 21:17

    Menyentuh dan semoga Rina diterima disisi Allah dgn tenang dan Allah maha penyayang. Kebanggaan tersendiri bagi keluarga yang ditinggalkan. Rina bisa jadi contoh untuk kita semua.

    Report

Leave a Comment