Legenda Tinju Muslim, Muhammad Ali Dijadikan Nama Bandara Internasional Amerika Serikat

By March 12, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : cnnindonesia.com )

Muslimahdaily - Sebuah Bandara Internasional di kota Louisville, kini namanya diubah menjadi  Bandara Internasional Muhammad Ali. Louisville sendiri merupakan negara bagian Kentucky, Amerika Serikat yang merupakan kota kelahiran sang legenda tinju.

Keputusan penggantian nama bandara itu tidak mudah. Dibutuhkan waktu hingga satu tahun untuk mengadakan jajak pendapat di antara warga lokal hingga diperoleh kesepakatan bulat untuk mengganti nama bandara tersebut.

Menurut sang walikota Louisville, Greg Fischer, sang tokoh legendaris di dunia tinju  memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia.  Meski sebagai public figure dirinya  dimiliki masyarakat global, namun tetap saja Muhammad Ali hanya memiliki satu kampung halaman. Yaitu Louisville.

“Muhammad Ali mungkin sudah menjadi milik dunia, tetapi dia hanya memiliki satu kampung halaman. Dan untunglah, kampung halamannya itu adalah kota Louisville kita yang tercinta." .

Digelari Juara Dunia Kelas Berat di Usia 22 Tahun

Muhammad Ali muda memiliki daya juang yang sangat tangguh. Ia banyak mengalahkan para penantangnya di usia yang sangat muda sekitar 18 tahun atau masih ABG. Bahkan, pada usia 22 tahun ia sudah mampu mengenakan sabuk Juara Dunia Kelas Berat.

Di tengah popularitas dan kejayaannya, Muhammad Ali kemudian memutuskan untuk memeluk agam Islam. Nama lahirnya yang semula adalah Cassius Marcellus Clay Jr lantas diganti menjadi Muhammad Ali.

Menyandang prediket Muslim di dunia tinju tidak mudah. Muhammad Ali kerap mendapatkan perlakuan bully dan penindasan karena kulit hitam dan beragama Islam. Namun, dirinya tak tinggal diam. Selama menjadi petinju di Amerika Serikat, Muhammad Ali kerap memperjuangkan hak – hak warga muslim dan warga minoritas kulit hitam yang sering mendapatkan diskriminasi.

Wawancara kontroversial

Meksi menjadi seorang tokoh idola dunia, Muhammad Ali tidak pernah ragu untuk menunjukkan jati dirinya sebagai muslim. Dalam sebuah wawancara di media nasional di Amerika Serikat, ia sempat ditanya, “Apakah kamu memiliki bodyguard?”, dengan mantap dirinya menjawab,” Saya punya bodyguard, Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat. Dia juga Maha Mengetahui. Jika Dia berkehendak, maka semua bisa terjadi. Dia tahu semua rahasia dan dipatuhi para pengikutnya. Bahkan, rahasia apa pun yang ada di dalam pikiran kita. Dialah Tuhan, Alloh. Dialah bodyguard saya, Dia juga bodyguard Anda.”

Tokoh Paling Terkenal Abad ke-20

Dapat dikatakan, Muhammad Ali merupakan salah satu tokoh paling terkenal di abad ke-20. Menurut Janda Ali, Nyonya Lonnie Ali, dirinya sangat bangga bahwa nama suaminya diabadikan sebagai nama bandara internasional. Ini membuktikan bahwa, meskipun Muhammad Ali menjadi “milik dunia” tetapi dia tidak akan pernah melupakan kota kelahirannya.

Muhammad Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016 di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Memasuki usia pensiun, Muhammad Ali mengidap penyakit Parkinson dan menghembuskan nafas terakhirnya di usia 74 tahun.

Bahkan, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama pernah mengatakan bahwa Muhammad Ali adalah “orang yang berjuang untuk kita semua”. Presiden Obama bahkan menempatkan Muhammad Ali sejajar dengan para pejuang hal sipil seperti Martin Luther King Jr dan Nelson Mandela.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama