Baru Hijrah, Ini 5 Aplikasi Yang Wajib Ada di Handphone Anda

Muslimahdaily - Setiap muslimah sejati tentu ingin hari esok menjadi orang yang lebih baik ketimbang hari ini. Hijrah atau berusaha mengubah pribadi menjadi seseorang yang lebih baik dari hari kemarin, membutuhkan banyak perjuangan dan mampu istiqomah berada di jalan yang lurus sesuai petunjuk-Nya.

Untuk itu, tidak ada salahnya berusaha istiqomah di jalan Islam dengan terus belajar dan mempelajari Al-Quran sembari memantapkan hati dan mengamalkan Al-Quran dalam setiap hela napas kita. Bagi Anda yang baru saja berupaya Hijrah menjadi pribadi muslim yang lebih baik, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa diinstal ke dalam handphone atau smartphone Anda.

1. Al - Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al – Quran ini sangat mudah dipakai (user fiendly) dan memberikan kemudahan dalam mempelajari arti terjemahan setiap ayatnya. Bahkan, bagi Anda yang sedang belajar cara membaca atau tajwid dengan tepat, aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia menawarkan suara mengaji dari para tahfizul Quran terkenal dari Arab Saudi.

Dengan mengunduh Al Quran Bahasa Indonesia di ponsel pintar atau handphone, akan memudahkan untuk membaca kapan saja dan di mana saja, tanpa repot membawa kitab yang tebal. Anda juga bisa mendengarkan audio bacaan ayat suci Al Quran melalui earphone untuk murottal atau murojaah.

2. Kisah 25 Nabi dan Rasul

Selain belajar membaca dan memahami ayat suci Al Quran, mereka yang baru saja hijrah juga wajib mengenal kisah 25 Nabi dan Rasul. Perjuangan para Nabi dan Rasul sungguh luar biasa dalam menegakkan tauhid di muka bumi. Kisah mereka dapat menginspirasi dan meneguhkan hidayah yang baru saja dijemput untuk diamalkan dalam kehidupan sehari – hari.

Kisah dan teladan dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam misalnya. Dapat menjadi contoh dalam mengatasi berbagai problema kehidupan berdasarkan petunjuk Al Quran dan hadits.

3. Komik 99 Pesan Nabi

Meneladani kehidupan Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam merupakan ladang pahala dari mengikuti Sunnah Nabi. Oleh karena itu, mengunduh aplikasi Komik 99 Pesan Nabi akan memberikan kemudahan untuk belajar hadits dan pesan Rasul terhadap setiap problema yang dihadapi umat Muslim.

Dirancang dengan gambar yang menyenangkan, sehingga belajar hadits nabi akan terasa lebih mudah dimengerti dan tidak pernah bosan. Aplikasi Komik 99 Pesan Nabi juga meriwayatkan hadits yang shahih. Seperti Bukhari dan Muslim dalam bentuk gambar komik yang lucu.

4. Ceramah Islam

Aplikasi lain yang tak kalah bermanfaat bagi umat Islam yang baru hijrah adalah Ceramah Islam. Aplikasi Ceramah Islam ini merupakan koleksi ceramah – ceramah dari para Ustadz terkenal di Indonesia. Seperti AA Gym, Yusuf Mansyur, dan lain – lain.

Pengguna dapat memilih sendiri jenis topik ceramah yang diinginkan sesuai tanggal ceramah terbaru, judul atau yang difavoritkan oleh pengguna lainnya.

5. Cerdas Cermat Islami

Mengisi waktu luang dengan hal – hal yang positif dan bermanfaat? Kenapa tidak? Cobalah menginstal aplikasi Cerdas Cermat Islami yang berfaedah ini. Aplikasi ini akan menguji seberapa banyak pengetahuan Anda tentang Islam lewat beberapa pertanyaan atau soal – soal yang dimunculkan secara otomatis.

Mirip seperti kuis, aplikasi ini menawarkan 29 level untuk diselesaikan. Setiap level terdapat 20 soal tentang Islam. Dengan menjawab soal dari aplikasi Cerdas Cermat Islami, tanpa terasa Anda sudah belajar banyak hal dari sekitar 580 soal tentang Islam. Sebuah gamification yang sangat menarik dan inspiratif untuk dicoba.

Leave a Comment