Disebut Dalam Al – Quran, Rahasia Kecerdasan Lebah Madu Mengejutkan Banyak Ilmuwan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam Quran Surat An-Nahl ayat 68, Alloh Subhanahu wa ta’ala berfirman, ”(Wahai lebah) Buatlah sarang di gunung – gunung, di pohon – pohon kayu, dan di tempat – tempat yang dibikin manusia.”

Bukan rahasia lagi jika lebah merupakan golongan hewan yang memiliki otak jenius. Otak lebah konon dapat bekerja 10 triliun per detik, sementara superkomputer di abad modern, hanya mampu 16 miliar per detik. Sangat mencengangkan!

Inilah yang membuat perilaku lebah madu sangat terkenal secara internasional dan menjadi bahan penelitian para ilmuwan.

Rahasia Lebah Bisa Mencari Sumber Makanan Baru

Pada musim semi 1983, Smithsonian Institution melakukan penelitian yang dipimpin ehli etologi, Princeton James L. Gould. Ia adalah seorang pakar perilaku lebah madu yang terkenal di dunia.

Dalam penelitian ini, Princeton mengamati bagaimana cara lebah bisa mendapat sumber makanan baru yang diinginkan. Princeton kemudian memberi makan lebah madu di sebuah titik A. Selama beberapa kali, Princeton memindahkan lokasi titik A, ke titik B, titik C, titik D, dan seterusnya berulang – ulang. Tujuannya agar lebah dapat menunjukkan cara mereka mencari sumber makanan baru di lokasi yang berbeda.

Ternyata, lebah tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat menemukan sumber makanannya. Lebah bahkan dapat memprediksi dengan akurat, lokasi titik tertentu yang berisi nektar makanannya, bahkan sebelum Princeton memindahkannya.

Hal ini dikaitkan dengan kecerdasan otak lebah yang sangat luar biasa. Otak lebah dapat menyimpulkan pengalaman masa lalu untuk mendeteksi keberadaan sumber makanan baru.

Hebatnya lagi, otak lebah madu hanya menggunakan sekitar 10 microwatt energi. Ini jauh lebih efisien tujuh kali lipat ketimbang superkomputer saat ini. Tidak heran, lebah dapat menavigasi sumber nektar dari jarak jauh kemudian menyiarkan sinyal tertentu pada lebah - lebah koloninya untuk bekerja sama menemukan sumber makanan ini.

Kemampuan Melindungi Sarang dari Musuh

Kehebatan lain dari lebah adalah mampu membuat royal jelly dan beebread yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Mereka dapat melindungi sarang dengan mengenali dan menyerang musuh.

Lebah juga dapat mengantisipasi iklim dan udara, baik selama musim panas atau dingin. Ketika sarang menjadi penuh sesak, mereka cukup pintar untuk mengetahui bahwa beberapa lebah dewasa harus pergi dan membangun koloni baru alias hidup mandiri.

Kesimpulan

Melihat kecerdasan dan daya juang hidup lebah yang menakjubkan, kita tentu bisa mengambil banyak pelajaran berharga. Jika superkomputer membutuhkan ribuan tim programmer, insinyur dan teknisi untuk membangun Artificial Intelligent yang canggih, lebah hanya perlu otak kecil berukuran 10 miligram.

Seperti disebutkan dalam QS An-Nahl ayat 69: “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam – macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda (kebesaran Alloh) bagi orang yang berpikir.”

Lebah benar – benar adalah keajaiban dari salah satu makhluk ciptaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Leave a Comment