5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Mempermudah Bersedekah

By April 11, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam sebagian harta kita, ada hak milik orang yang membutuhkan seperti kaum dhuafa dan orang miskin. Akan tetapi, terkadang masih ada beberapa orang yang enggan bersedekah dengan alasan tidak memiliki waktu pergi ke panti sosial ataupun tidak tahu harus menyalurkan hartanya ke mana.

Alasan lama ini sekarang sudah tidak berlaku. Pasalnya, di era digital seperti sekarang sudah ada banyak aplikasi seluler yang bisa diinstal untuk mempermudah urusan bersedekah tanpa harus ke luar rumah. Bahkan, hanya dengan menggunakan jari – jemari Anda, harta yang menjadi hak orang miskin, siap disalurkan kepada masyarakat yang berhak. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi seluler yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah bersedekah.

1. PAY TREN

Berbicara tentang sedekah, tak boleh melewatkan salah satu aplikasi shadaqah yang cukup populer di Indonesia yaitu Pay Tren. Aplikasi yang digagas oleh seorang ustaz ternama, Yusuf Mansyur ini memiliki banyak manfaat.

Selain mempermudah urusan sedekah, pengguna bisa membeli pulsa, token listrik, tiket transportasi umum, pembayaran tagihan air dan listrik bulanan, leasing hingga tv berlangganan, aqiqah dan voucher game. Sungguh sebuah aplikasi yang berguna, bukan?

Cukup mengunduh di link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.treni.paytren ini Anda bisa memiliki banyak keuntungan di atas. Bonus tambahan, sedekah Anda juga akan disalurkan dari Pondok pesantren Darul Quran Nusantara.

2. RUMAH ZAKAT

Aplikasi yang memudahkan para donatur untuk berzakat secara online ini sudah sangat terkenal dan banyak cabang kantornya di berbagai kota di seluruh Indonesia. Rumah Zakat diluncurkan oleh PT. Digital Jaya Solusi dengan berbagai fitur menarik. Antara lain info tentang Zakat, Infaq dan Sadaqah.

Selain itu, donatur bisa langsung transfer uang donasi melalui rekening atas nama Rumah Zakat. Jika rekening tersebut bukan atas nama Rumah Zakat, maka sebaiknya transaksi perlu dikonfirmasi ulang.

3. BAZIS JAKARTA

Bagi warga yang berdomisili di ibukota, Jakarta dapat memanfaatkan aplikasi bersedekah online dari Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Bazis Jakarta.

Meskipun bersedekah secara online, para donatur tidak perlu khawatir mengenai penyaluran dana. Karena semua dana dikelola secara transparan. Bahkan, dalam aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengajukan dana banutan pembiayaan bagi yang membutuhkan. Misalnya seperti pembangunan masjid, sekolah, atau pembiayaan lain bagi kepentingan umat Islam.

Tersedia juga fitur laporan setiap bulan yang sudah dikelola oleh Bazis Jakarta. Aplikasi bisa diunduh di link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=mediainfotehnika.bazis.

4. KAPILER

Aplikasi sedekah lain yang tak kalah bermanfaat adalah Kapiler. Uniknya, aplikasi ini memfokuskan diri untuk menjembatani panti asuhan dengan para donatur yang ingin menyejahterakan kalangan apnti asuhan di seluruh Indonesia secara bergotong royong.

Aplikasi ini mungkin tidak terlalu populer sehingga diperlukan lebih banyak sosialisasi agar banyak donatur yang mau bergabung dalam kebaikan dan kesejahteraan panti asuhan di Nusantara. Segera unduh linknya: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kapiler.kapilerapp 

5. FASTABIKA WESHARE

Dari asal kalimat “fastabiqul khoirot” yang berarti “mari berlomba – lomba dalam hal kebaikan”, muncul aplikasi sedekah online, Fastabika We Share. Aplikasi ini digagas oleh BMT Fastabika untuk mengumpulkan donasi yang akan disalurkan kepada kaum dhuafa, sosial, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat kaum miskin.

Penyaluran dana meliputi santunan anak yatim dan kaum dhuafa, beasiswa tahfidz untuk anak yatim dan dhuafa binaan, serta mengelola rumah tahfidz anak yatim dan dhuafa binaan. Unduh linknya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fastabika.weshare.

Mari bersedekah agar hidup menjadi lebih berkah!

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama