Banyak Waktu Luang Saat Berpuasa, Cek 5 Tips Jitu Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Saat berpuasa, kamu mungkin jadi malas melakukan aktivitas – aktivitas rutin yang biasa dilakukan di hari – hari lain. Tetapi, berpuasa Ramadhan bukan menjadi alasan untuk tidur seharian atau berdiam diri di rumah.

Sebaliknya, dengan berpuasa kamu semakin termotivasi untuk membantu menyebarkan kebaikan dan meraih ridha Allah Azza Wa Jalla.

Agar tidak hanya seharian menonton TV atau bermalas – malasan di rumah, berikut 5 tips jitu memanfaatkan waktu luang saat berpuasa di bulan Ramadhan:

1.Rencanakan makananmu

Jika kamu adalah mahasiswa atau anak kost, sangat penting untuk merencanakan apa yang akan kamu makan ketika Sahur dan Iftaar (berbuka puasa). Apa yang kamu makan berdampak pada tingkat energi tubuh lho! Terlebih lagi, jika mungkin kamu harus menjalani ujian kuliah saat berpuasa.

Cobalah untuk tetap mengonsumsi pola makanan yang seimbang. Yaitu mengandung karbohidrat, protein, buah-buahan, sayuran, dan memperbanyak minum air yang tepat di malam hari. Kamu akan tetap segar dan bugar di siang hari, meski sedang berpuasa.

2.Tetap aktif

Berbeda dengan hari biasanya, kamu mungkin bisa makan siang atau makan pagi (sarapan). Tetapi, selama bulan Ramadhan, ganti jam istirahatmu dengan hal – hal lain yang lebih aktif dan energik. Misalnya, kamu bisa melakukan sedikit sesi latihan yoga atau berjalan – jalan ke taman untuk mencari udara segar.

Bisa juga dengan membantu membersihkan masjid atau tidur siang sejenak. Buatlah daftar tugas harian dan tulis apa yang ingin kamu capai di bulan Ramadhan ini. Membantu memasak 100 porsi untuk berbuka puasa anak yatim, misalnya? Merencanakan kegiatan positif di bulan Ramadhan akan membuat waktu luangmu menjadi lebih berharga.

3.Istirahatlah

Tidak ada yang salah dengan merencanakan waktu istirahat di siang hari saat berpuasa. Tubuh yang sudah mencapai setengah hari saat berpuasa, tentunya akan sedikit lemas dan mengantuk. Beristirahat secara teratur dapat membantu meningkatkan produktivitas selama Ramadhan.

Beristirahat juga dapat membantu mengurangi stres karena rutinitas pekerjaan atau kuliah. Hal ini dapat mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja dan membuatmu tetap fokus sesuai jadwal. Alhasil, kamu bisa meningkatkan produktivitas serta tetap segar sepanjang hari.

4.Mencari kesibukan

Waktu sangat berharga. Jangan biarkan waktu luang di bulan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa ada hal – hal positif yang bisa kamu lakukan. Cobalah untuk membuka kembali Al Quran atau buku – buku bertema Islami untuk mempertebal ilmu keagamaan.

Sesekali jika ingin hiburan, tidak ada salahnya membaca buku tema lain yang lebih menghibur. Kamu tidak akan terasa waktu berjalan cepat, dan sebentar lagi sudah menjelang adzan maghrib.

5.Bekerja sampingan

Butuh pekerjaan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadhan. Kamu bisa berbisnis kue atau makanan untuk berbuka puasa. Banyak pedagang musiman yang menjajakan makanan takjil atau menu berbuka puasa di pinggir jalan untuk meraup pundi – pundi rupiah tambahan.

Selain itu, kamu juga bisa berjualan pakaian lebaran, kerudung atau mukena yang biasanya laris manis menyambut hari Lebaran. Tak perlu repot ke luar rumah, karena kamu bisa berjualan secara online melalui Instagram atau Facebook.

Bagaimana, waktu luang di bulan Ramadhan jadi lebih berkah dan bermanfaat, bukan?

Leave a Comment