Dompet Digital, Solusi Manajemen Keuangan Kaum Melenial

By July 3, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Kemajuan teknologi diberbagai sektor begitu pesat, tak terkecuali dalam bidang keuangan yakni dengan hadirnya Dompet Digital.

Dompet digital adalah layanan aplikasi pada smartphone yang menyimpan data instrumen pembayaran untuk melakukan transaksi dan penampungan dana.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada penggunaan dompet digital. Berikut ini kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan dompet digital, diantaranya :

1.Lebih efisien

Penggunaan dompet digital lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan dompet saku. Dengan memiliki dompet digital, saat bepergian tidak repot membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

2.Mudah Bertransaksi dan akurat

Selain memudahkan bertransaksi pada gerai –gerai dan toko tertentu, dompet digital juga memudahkan untuk pembayaran tagihan-tagihan bulanan. Seperti tagihan listrik, air, dan telepon.

Bertransaksi menggunakan dompet digital dapat mengurangi kekhawatir mengenai kurangnya kembalian dibandingkan pembayaran dengan uang tunai. Karena dengan dompet digital jumlah uang yang dibayarkan akan sesuai dengan nominal yang tertera pada tagihan.

3.Banyak Diskon dan Potongan Harga

Keuntungan lain yang didapatkan dengan menggunakan dompet digital adalah banyak diskon dan promo yang didapatkan dari toko-toko yang bekerja sama dengan dompet digital tersebut. Misalnya mendapatkan cash back dan promo beli satu gratis satu.

Namun, di balik kecanggihan dan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, terdapat beberapa hal yang harus dipikirkan kembali sebelum memutuskan untuk menggunakan dompet digital, yaitu :

1.Penggunaan Dompet Digital Terbatas

Penggunaan dompet digital terbatas hanya pada toko dan gerai yang bekerja sama dengan provider dompet digital. Jika pengguna hendak bertransaksi pada toko dan gerai yang tidak bekerja sama maka tetap saja harus menggunakan uang tunai.

2.Uang yang tersisa mengendap

Sisa saldo yang terdapat pada aplikasi dompet digital tidak dapat dicairkan dan akan tetap mengendap pada akun aplikasi dompet digital tersebut jika tidak digunakan untuk melakukan pembayaran pada transaksi selanjutnya.

3.Harus Menggunakan Smartphone

Dompet digital merupakan aplikasi yang dijalankan menggunakan smartphone. Karenanya jika smartphone tertinggal, maka tidak dapat melakukan transaksi menggunakan dompet digital. Pun jika smartphone hilang, maka sedikit ribet untuk mengurus akun dompet digital tersebut agar tidak disalah gunakan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menggunakan dompet digital ?

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama