Hebat! Buku Braille Jadi Salah Satu Aksesibilitas Sahabat Tunanetra

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam acara Indonesia International Book Festival (IIBF), tidak hanya buku untuk masyarakat umum saja yang dihadirkan, salah satu buku untuk sahabat tunanetra juga bisa kalian dapatkan disini!

Iin selaku Redaktur Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) dan sahabat Tunanetra menyatakan bahwa BLBI merupakan bagian dari Kementrian Sosial, Di Balai Literasi Braille Indonesia juga memproduksikan majalah Braille untuk para sahabat Tunanetra.

Majalah Braille merupakan sebuah karya pengenalan huruf dengan sistem tulisan sentuh yang digunakan untuk penyandang tunanetra untuk membaca dan menulis. Sistem ini pertama kali digunakan di L’Institution Nationale des Jeunes Aveugles, Paris, dalam rangka mengajar siswa-siswi tunanetra.

Huruf-huruf Braille menggunakan kerangka penulisan seperti kartu domino. Satuan dasar dari sistem tulisan ini disebut sel Braille, dimanapun tiap sel terdiri dari enam titik timbul; tiga garis kebawah dengan dua titik pada masing-masing baris.

Ke enam titik tersebut dapat disusun sedemikian rupa hingga menciptakan 64 macam kombinasi. Huruf Braille sendiri dapat dibaca dari kiri ke kanan dan dapat melambangkan abjad, tanda baca, angka, tanda musik, simbol matematika dan yang lainnya.

 

Leave a Comment