Tujuh Prinsip Hidup yang Harus Kamu Punya di Usia 20-an

By September 10, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Memasuki usia kepala dua merupakan babak baru dalam menjalani kehidupan. Dalam usia ini, kamu sudah tidak bisa lagi disebut sebagai remaja. Namun, dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. 

Untuk itu, saat memasuki fase awal menuju dewasa dalam umur 20 tahun kamu perlu menerapkan prinsip-prinsip di bawah ini. Agar nantinya, kamu dapat menjadi lebih baik dalam bersikap atau menghadapi situasi.

1. Prioritaskan Hubungan Dengan Tuhan

Memasuki usia menuju dewasa, alangkah baiknya menjadikan dirimu lebih memprioritaskan hubungan rohaniah. Dengan melibatkan Tuhan dalam melakukan sesuatu, kamu akan lebih tenang dalam mengambil keputusan. Saat usaha tidak selalu menghasilkan sesuatu yang baik pun kamu bisa menerima dengan perasaan ikhlas karena sadar semua jalan hidup telah diatur.

2. Tentukan dan Fokuskan Tujuan Hidup

Semakin dewasa, kamu harus fokus pada impian serta tujuan hidup untuk ke depannya. Misalnya, mendapatkan pekerjaan impian, kestabilan dalam keuangan, membahagiakan keluarga, dan lainnya. Ingat dan coba untuk fokus dalam mewujudkan semua. Kamu pasti ingin mendapatkan hidup yang lebih baik, bukan? Terus berusaha dan jangan putus asa, ya.

3. Memiliki Hubungan Sosial yang Baik

Hubungan sosial menyangkut interaksi dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Usahakan untuk memiliki hubungan sosial yang baik dengan siapapun itu karena manusia pasti membutuhkan orang lain. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang bisa menolong saat keadaan sedang sulit.

4. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Jangan pernah membandingkan kehidupan orang lain dengan dirimu. Apa yang kamu lihat belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Orang lain juga pasti memiliki hambatan dalam mencapai kesuksesannya masing-masing.

5. Jangan Memaksakan Diri

Semakin dewasa, harus bisa menerima segala kegagalan dengan keikhlasan. Jangan paksakan sesuatu berlebihan sehingga melupakan kesehatan fisik dan mental dirimu. Misalnya, kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal, tetapi dengan diet ekstrem. Padahal, kamu bisa mendapatkan tubuh ideal tersebut dengan cara menjaga pola makan dan olahraga rutin. Cobalah untuk bijak dalam memilih atau melakukan sesuatu.

6. Berani Mengambil Keputusan

Saat dihadapkan dengan pilihan, kamu harus berani untuk memutuskan mana yang menurutmu paling baik. Meminta saran kepada teman dekat pun tidak masalah, tetapi kembali pada dirimu sendiri karena kamu yang akan menjalaninnya. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan segala resiko atau kemungkinan terburuknya. Kamu juga harus siap menerima hal positif bahkan negatif yang bisa saja timbul dari keputusan tersebut.

7. Teruslah Asah Kemampuan dan Belajar

Jangan malas atau malu untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Hal-hal sederhana yang dimulai dari hobi misalnya, dapat dijadikan peluang yang menjanjikan jika kamu tekun mendalaminya. Bekerja sesuai dengan kegemaran akan jadi lebih menyenangkan.

Yuk, mulai menerapkan tujuh prinsip hidup di atas agar kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama