5 Fakta Yang Bikin Kamu Bangga Pakai Batik, Selamat Hari Batik Nasional!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - United Nation of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sejak 2009 lalu. Batik merupakan salah satu warisan Budaya Dunia yang hingga kini masih popular dikenakan oleh kalangan masyarakat, baik domestik maupun mancanegara sekalipun.

Banyak hal menarik yang harus kamu ketahui dari Batik ini lho, Sahabat Muslimah! Dan tentunya akan membuatmu merasa bangga dan makin cinta dengan Tanah Air lho! Mau tau apa aja yang bikin kamu bangga dengan mengenakan Batik? Yuk simak artikel berikut!

Warisan Budaya Dunia
Bukan hanya menjadi warisan Budaya Indonesoa sejak dulu, Batik juga diakui dalam kancah Internasional dan dianggap sebagai Warisan Budaya Dunia. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, sejak 2009, UNESCO telah menetapkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Berbagai elemen masyarakat mulai dari instansi pemerintahan, pekerja, pelajar, hingga masyarakat umum diimbau untuk mengenakan Batik. 

Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan secara resmi mengakui Batik sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukannya ke dalam Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia, dan sebagai bentuk pengakuan Internasional terhadap budaya Indonesia. 

Motif Batik itu Beragam

Hal lain yang bikin kamu bangga mengenakan batik ialah motifnya yang beragam. Motif atau sering disebu pola batik merupakan kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, betuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Sudah ada ribuan motif batik yang telah diciptakan oleh pengrajin Indonesia, tujuh diantaranya ialah motif batik parang, geometri, banji, tumbuh-tumbuhan melanjar, tumbuh-tumbuhan air, bunga, serta motif batik dengan ragam fauna di dalamnya. 

Menjadi Favorit Tokoh Dunia

Banyak tokoh dunia yang dengan bangga mengenakan batik diberbagai kesempatan suatu agenda. Seperti halnya Kate Middleton, Barack Obama, Ronald Reagen, hingga mendiang Nelson Mandela yang dikenal gemar mengenakan batik. Bahkan, saat disemayamkan, almarhum Nelson Mandela mengenakan batik kesayangannya lho! Nah, kalau mereka aja bangga memakai batik, kamu sebaggai warga Indonesia kenapa harus malu mengenakannya? Yuk mulai cinta akan warisan budaya!

Asal Kata Batik

Batik mwrupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu "amba" dan "titik" yang berasal dari bahasa Jawa. Amba bermakna menulis, sedangkan titik tetap bermakna titik. Jika digabungkan keduanya memiliki makna menulis titik-titik indah di atas kain. Wah! Hal ini pun terlihat dari ragam motif batik yang menawan.

Merupakan sumber mata pencaharian

Diberbagai daerah, Batik dijadikan salah satu mata pencaharian oleh masyarakat setempat. Seperti halnya daerah Pekalongan, Solo, Toraja, dan berbagai daerah lainnya. Wanita-wanita Jawa pada zaman dahulu menjadikan batik sebagai mata  pencaharian mereka. 
 

Leave a Comment