Tips Manajemen Waktu Agar Kamu Lebih Produktif

By October 8, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Suatu tugas dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu, jika mampu mengelola waktu agar lebih produktif. Namun, pada kenyataanya mengelola waktu cukup sulit terlebih lagi adanya suatu tekanan yang justru menghambat produktivitas.

Sebuah studi yang dirilis oleh The British Medical menyatakan, stres pada lingkungan kerja dapat diminimalisir melalui manajemen waktu yang efektif. Berikut tips yang dapat kamu tiru untuk mengelola waktu agar kamu lebih produktif:

Buat To-Do List

Saat hendak melakukan sesuatu, alangkah baiknya kamu membuat perencanaan terlebih dahulu. Hal ini akan membuat oekerjaan yang sedang kamu lakukan lebih efektif. Catatlah apa yang kamu akan kerjakan esok hari sebelum tidur, dengan begitu tidak akan membuatmu kehabisan waktu dan tenaga keesokan harinya.

Buat Skala Prioritas

Setelah membuat list perencanaan yang akan kamu lakukan, kamu dapat menentukan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Namun, perlu diingat, kamu pun harus tahu mana pekerjaan yang mendesak mana yang menjadi prioritas. Usahakan selesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang mendesak agar kamu tidak ketinggalan.

Tentukan Tenggat Waktu

Menentukan tenggat waktu itu penting, hal ini dikarenakan setiap pekerjaan agar kamu punya batas waktu yang pasti. Janganlah mengulur pekerjaan agar waktu yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia. Atur waktu seefesien mungkin dan berikan jeda waktu sebelum kamu melanjutkan pekerjaan selanjutnya. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi diri, apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai yang direncanakan atau tidak.

Fokus

Belajarlah untuk selalu gokus dengan apa yang kamu kerjakan. Jangan membebani diri untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking. Dengan memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya dalam waktu bersamaan membuat otak akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Jauhilah semua hal yang berpotensi memunculkan gangguan pekerjaan terhadap proses produktivitasmu.

Rehatkan Sejenak Tubuh dan Pikiran

Setelah melakukan tips di atas, tidak ada salahnya jika kamu mengistirahatkan badan dan juga pikiranmu. Jangan paksakan diri untuk melakukan suatu pekerjaan, jika sudah merasa lelah. Tubuh dan pikiranmu juga butuh rehat sejenak, dalam kesempatan ini kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai seperti menikmati musik, membaca buku, meminum kopi, atau bahkan tidur.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama