Suka Nunda Tugas ? Bisa Jadi Kamu Sedang Mengalami Prokrastinasi

By October 16, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Prokrastinasi? Mungkin di antara kita asing mendengar istilah tersebut. Prokrastinasi diartikan sebagai tindakan menunda tugas hingga diri merasa tidak nyaman atas penundaan tersebut. Prokrastinasi dapat menyebabkan stress, rasa bersalah dan krisis, kehilangan produktivitas diri, hingga penolakan sosial untuk tidak memenuhi tanggung jawab.

Lantas, bagaimana cara menghindarinya? Yuk simak ulasan berikut!

Tetapkan tujuan

Hal yang paling utama harus dilakukan ada menetapkan tujuan. Pikirkan secara matang-matang dan putuskanlah apa yang menjadi tujuanmu dengan tepat. Setelah kamu menentukan tujuan tersebut cobalah untuk menulisnya kemudian lakukanlah secara bertahap agar kamu dapat mencapai tujuan yang dimaksud.

Tetapkan deadline

Setelah menentukan tujuan kamu pun perlu menentukan deadline untuk menyelesaikan suatu tugas. Tugas atau tujuan tanpa deadline terasa sia-sia, kamu pun akan terus meburus menundanya bahkan tidak mengerjakannya.

Disiplin

Kamu perlu menerapkan sikap disiplin dalam mengerjakan suatu tugas. Salah satu cara ampung untuk menghilangkap prokrastinasi ialah dengan menjadi pribadi yang tegas dan juga disiplin.Memang sikap ini dibangun atas kemauan dirimu sendiri bukan karena keterpaksaan akan suatu hal.

Berpikir Strategis

Berpikir strategis yang dimaksud ialah menyelesaika  terlebih dahulu tugas yang menurutmu penting dan mendesak. Kemudian, baru menyelesaikan tugas yang dianggap mudah. Apalagi jika kamu menyusun perencanaan sebaik mungkin untuk menyelesaukan pekerjaanmu secara bertahap.

Buatlah pengingat

Jika kamu tipikal orang pelupa, buatlah pengingat seperti menggunakan alarm agar kamu tidak menunda atau bahkan tidak mengerjakan pekerjaanmu. Atau bahkan kamu dapat meminta bantuan teman disekitarmu untuk menjadi alarm berjalan untukmu.

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama