Wabah Penyakit Hepatitis A Serang Kota Depok, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Wabah penyakit Hepatitis A kini tengah marak melanda warga Depok, Jawa Barat. Pasalnya, ditemukan 72 korban yang terjangkit penyakit Hepatitis A yang terdiri atas 38 laki-laki dan 34 perempuan.

Melansir dari laman Kumparan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengonfirmasi penyakit tersebut menyerang sejumlah murid dan guru di Depok. Ia mengatakan penderita Hepatitis A paling banyak tersebar di SMPN 20 Depok.

Hepatitis A merupakan infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus HAV. Penyakit ini mudah menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi virus HAV yang berasal dari fases penderita.

Banyak gejala yang ditimbulkan dan paling disadari oleh penderita Hepatitis A. seperti perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning. Jadi, jangan heran kalau biasanya penyakit Hepatitis A sering disebut sebagai penyakit kuning.

Melansir dari laman hellosehat, selain perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning, gejala yang diperlihatkan lainnya seperti, penderita akan terserangan demam ringan atau common cold. Selain itu, penderita akan mengalami mual, nyeri pada sendi dan perut, kehilangan nafsu makan, hingga perubahan pada warna fases.

Menurut WHO, orang dewasa memiliki tanda dan gejala penyakit yang terlihat dibandingkan anak-anak. Tingkat keparahan fatal pun lebih tinggi pada kelompok usia yang lebih tua. Anak-anak di bawah usia enam tahun biasanya tidak mengalami gejala nyata dan hanya 10 persen yang mengalami icterus.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit Hepatitis A disebabkan oleh virus HAV yang menyerang sel hati sehingga menyebabkan peradangan. Virus HAV dapat ditemukan pada darah atau alat yang digunakan oleh penderita.

Hepatitis A ini merupakan jenis penyakit yang sangat menular, virus ini dapat menularr melalui kontak secara langsung dengan penderita. Seperti merawat orang yang terkena hepatitis A atau menggunakan alat suntik yang sama. Selain itu, dapat tertular pula memalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi virus HAV.

Tidak ada pengobatan khusus dalam penanganan penyakit Hepatitis A. Pemulihan dari gejala setelah infeksi bisa memakan waktu beberapa minggu atau bulan. Yang paling penting adalah menghindari obat-obatan yang tidak perlu. Para penderita tidak boleh diberikan obat seperti paracetamol dan juga obat anti muntah.

Leave a Comment