Ingin Punya Rumah Sebelum Usia 30 Tahun ? Ini Dia Triknya

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Siapa sih yang tak ingin miliki rumah sendiri, bahkan sebelum menginjak usia 30 tahun. memiliki rumah di usia muda menjadi capaian yang luar biasa. Namun, banyak hal yang menghambat kita memiliki rumah saat usia muda.

Memiliki rumah dengan usaha sendiri sebelum usia 30 tahun pastinya menjadi capaian yang besar dalam hidup kita. Namun tak ayal, banyak orang yang susah mencapai hal tersebut karena beragam alasan.

Dilansir dari akun youtube ZAPFinanceTv, memiliki rumah tinggal sendiri dapat menjadi parameter kebebasan atau kemerdekan finansial seseorang. Ada beragam bentukrumah tinggal yaitu rumah tinggal yang berbentuk Rumah Tapak, Rumah Susun, Apartemen dan juga alternatif hunian lainnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak rumah tinggal denga beragam keunggulan yang ditawarkan. salah satunya yang ditawarkan adalah letaknya yang ada di pusat kota, akses transportasinya, fasilitas-fasilitas unggulan lainnya, dan sebagainya.

Namun mungkinkah kita memiliki rumah tinggal sendiri di saat usia belummencapai 30 tahun?

Tentu saja bisa.Akun youtube ZAPFinanceTv, dalam videonya “Siapa Bilang Anak Muda Gak Bisa Membeli Rumah” membagikan cara ataupun trik untuk kita generasi muda agar mampu membeli rumah di usia muda. Seperti apa sih caranya?

Yang harus kamu lakukan Metode HAPSARI “Hanya Perlu Selembar aja Sehari”

Metode HAPSARI merupakan metode untuk kita menyisihkan selembar uang kita setiap hari secara konsisten.

Metode HAPSARI dapat kamu lakukan dengan mulai mengurangi mengkonsumsi minuman-minuma yang kekinian dengan harga selangit, meminimalisir pembelian skincare yang tidak akan terpakai. Uang yang tadinya kamu gunakan untuk membeli hal-hal tersebut, dapat digunakan untuk melakukan metode HAPSARI, sehingga kamu akan memiliki tabungan tersendiri.

Contohnya: jika kamu merupakan pekerja dengan gaji Rp. 5.000.000 / bulannya, maka kamu perlu mencoba metode HAPSARI dengan menyisihkan uang sebesar Rp. 50.000 /hari. Jika kamu menyisihkan uang Rp. 50.000 per hari secara konsisten, maka dalam sebulan kamu dapat mengumpulkan uang sebesar Rp. 1.500.000. Maka dalam satu tahun saja kamu dappat mengumpulkan uang sebesar Rp. 18.000.000.Anggap saja kamu punya target memiliki rumah dalam kurun waktu 5 tahun, maka kamu perlu melakukan metode ini selam 5 tahun dengan hasil Rp. 90.000.000

Lalu, uang hasil HAPSARI selama 5 tahun untuk apa?Tenang saja, sekarang Bank Indonesia telah mengeluarkanperaturan yang memberikan kelonggaran untuk kita memiliki rumah tinggal dengan uang muka yang lebih ringan. Mulai dari 15% dari harga rumah yang akan kita beli.

Jika target rumah tinggal kita memiliki harga Rp. 350.000.000, maka 15% dari harga rumah tersebut hanyalah Rp. 52.500.000, artinya kamu masih memiliki sisa uang Rp.37.500.000 yang bisa kamu gunakan untuk membeli perabotan rumah.

Untuk cicilan rumah ambilah cicilan rumah sesuai kemampuan kita. Sisihkan 20% hingga 30% dari gaji bulanankita untuk membayar cicilan rumah. Semakin besar cicilan yang kita ambil maka semakin cepat pula kamu dapat melunasi rumahitu. Tapi yang perlu diingat adalah ketika akan mengambil cicilan,ambillah cicilan yang sesuai dengankemampuan ataupun pengahsilan kamu. Agar nantinya kamu tidak akan meras kesulitan dalam membayar cicilan.

Jadi bagaimana? Mudah bukan cara membeli rumah dengan hasil sendiri. Kamu hanya perlu melakukan penghematan dengan menerapkan metode HAPSARI maka nantinya kamu dapat mewujudkan impianmu untuk memiliki rumah sendiri.

Last modified on Senin, 09 Desember 2019 01:40

Leave a Comment