Ketua MPU Aceh, Muslim Ibrahim Wafat

Prof. Tgk Muslim Ibrahim Prof. Tgk Muslim Ibrahim ( Foto: Detik )

Muslimahdaily - Berita duka menyelimuti masyarakat Aceh dan sekitarnya. Pasalnya, mereka kehilangan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) yang diganyangkan sebagai ulama besar Aceh. Prof. Tgk Muslim Ibrahim menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya, Limpok, Darussalam, Aceh Besar pada Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali mengatakan, Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di usia 71 tahun. Ia meninggal dunia atas penyakit Kencing Manis dan Asam Lambung yang sudah di deritanya sejak lama.

"Tiga bulan terakhir, almarhum menjalani perawatan intensif dan beberapa kali masuk rumah sakit karena sakit yang di deritanya, terutama asam lambung," ujarnya seperti yang dikutip dari laman Antaranews.

Muslim Ibrahim menjabat sebagai Ketua MPU Aceh sejak Mei 2017 lalu. Sebelumnya, ia juga pernah mendapatkan jabatan yang serupa selama beberapa periode. Ia juga pernah memangku jabatan sebagai Wakil Ketua MPU Aceh.

Profesor kelahiran 8 Oktober 1948 ini, merupakan alumnus S-3 Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Almarhum juga pernah menempuh pendidikan informal, yakni Senior Managers Program, Mc Gill University, Canada pada 1996 silam.

Terkenal sebagai sosok ulama yang kharismatik, Almarhum meninggakal satu orang istri dan dua orang anak. Masing-masing di antara mereka adalah satu laki-laki dan dua orang anak perempuan.