Lima Aplikasi Kekinian untuk Menabung Emas Online

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Investasi emas merupakan salah satu pilihan investasi yang banyak dipilih oleh kaum millennials. Harga emas yang tidak terlalu fluktuatif dan minim resiko menjadikan emas pilhan investasi yang aman dan mudah.

Di era digital, untuk menabung emas sudah dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi di smartphone, tidak perlu pergi ke gedung antam. Menabung emas secara digital memudahkan bagi yang belum memiliki cukup uang untuk membeli emas fisik. Berikut ini beberapa aplikasi smartphone yang dapat menjadi pilihan untuk menabung emas:

1.Tamasia

Tamasia adalah salah satu platform untuk menabung emas. Dengan uang Rp. 10,000 sudah dapat membeli dan memiliki emas. Tamasia menggunakan konsep syariat dalam praktek jual-beli emasnya, sesuai dengan Fatwa DSN MUI yaitu akad salam dan murobahah. Jika jumlah tabungan emas user  pada akun Tamasianya sudah mencapai nilai 1 gram emas, maka emas tersebut dapat dicetak menjadi emas batangan dengan kadar 99.99%.

2.Pluang

Berkomitmen untuk memudahkan setiap orang untuk berinvestasi dan memiliki emas. Pluang menyediakan layanan tabungan emas daari nominal 0.01 gram. Melalui aplikasi ini user juga dapat mengecek perkembangan harga emas secara realtime. Bagi user yang ingin menambahkan setoran saldo emasnya dalam bentuk emas fisik juga dapat dilakukan, karena layanan yang diberikan oleh aplikasi Pluang ini berupa online dan offline.

3.Indogold

Indogold merupakan platform penyedia tabungan emas yang saat ini bekerjasama dengan beberapa marketplace salah satunya Bukalapak melalui BukaEmas. Namun, aplikasi Indogold juga dapat di download melalui aplikasi google play. User Indogold dapat menanbung emas dari nominal terendah yaitu 0.001 gram. User juga langsung mencetak emas yang dimiliki pada akun Indogold, jika sudah jumlah emas yang dimiliki sudah mencapai nilai 1 gram.

4.Pegadaian Digital

Pegadaian digital merupakan platform tabungan emas yang dikelola oleh pemerintah untuk itu user tidak perlu khawatir untuk menabung melalui aplikas ini. Layanan yang diberikan oleh pegadaian digital kurang lebih sama dengan layanan yang terdapat pegadaian versi offline. Termasuk didalamnya fitur tabungan emas dan gadai emas. Untuk memilki saldo tabungan emas, user harus melakukan setoran saldo pembelian minimal saldo pembelian emas pada aplikasi pegadaian digital adalah Rp 70.000.

5.Aplikasi E-commerce

Saat ini ecommerce tidak hanya melayani jual beli barang secara online, namun juga untuk melakukan pembayaran tagihan, isi vouvher, hingga investasi. Investasi yang dapat dilakukan melalui e-commerce yaitu investasi reksadana dan investasi emas. Sebut saja Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli.com yang menyediakan layanan menabung emas. Tidak perlu khawatir untuk menabung emas melalui e-commerce, karena e-commrece rtersebut sudah bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa jual-beli emas. Emas yang dimiliki pada akun ec-commerce juga dapat icairkan dalam bentuk emas fisik.

Leave a Comment